Kesehatan

Hindari Kerusakan Mata Akibat Cahaya Smartphone dengan 7 Hal Ini

Kamis, 16 Agustus 2018 - 03:21 | 72.47k
ILUSTRASI - Menghindari kerusakan mata akibat cahaya smartphone (FOTO: Facetofeet)
ILUSTRASI - Menghindari kerusakan mata akibat cahaya smartphone (FOTO: Facetofeet)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Saat ini memang kita tidak bisa lepas dari smartphone. Bahkan, tak jarang orang tetap menggunakan smartphone di waktu istirahat atau pun tidur. Padahal kebiasaan ini dapat menyebabkan kerusakan mata. Meski demikian masih banyak yang tetap menggunakan smartphone sambil tiduran.

Penelitian dari Universias Toledo di Amerika Serikat mengungkapkan bahwa cahaya biru dari ponsel dapat menyebabkan kebutaan. Studi tersebut menemukan bahwa cahaya biru menimbulkan reaksi racun dalam molekul retina yang merasakan cahaya dan sinyal otak.

Dilansir dari Boldsky, untuk menghindari masalah yang serius pada mata, sebaiknya perhatikan hal berikut saat menggunakan smartphone.

1. Istirahatkan Mata Sejenak

Berhentilah menatap layar ponsel atau smartphone setiap 20 menit selama 20 detik. Kemudian lihatlah sesuatu sejauh 3 meter. Hal tersebut bertujuan untuk mengendurkan otot-otot mata untuk sementara dan memberi sedikit istirahat.

2. Lebih Sering Berkedip

Saat berkonsentrasi pada ponsel tingkat kedipan pun ikut menurun. Hal ini dapat menyebabkan air mata di permukaan mengering sehingga membuat iritasi, mata merah, perih, dan penglihatan menjadi buram. Lebih sering berkedip akan membuat mata menjadi lembab dan mengurangi iritasi. Setidaknya berkediplah sekitar 10 kali setiap 20 menit.

3. Turunkan Cahaya

Layar yang terang atau silau dapat membuat mata lelah lebih cepat. Kalau bisa, lengkapi juga ponsel dengan kaca antisilau atau Anda bisa mengunduh aplikasi reduksi cahaya untuk mengurangi cahaya biru pada ponsel.

4. Atur Jarak Mata dan Ponsel

Biasanya, orang cenderung memegang ponsel hanya sekitar 20 sentimeter dari wajah agar lebih jelas. Kenyataannya, hal tersebut sangat buruk bagi mata. Berilah jarak setidaknya 40 cm dari mata. Mungkin akan terasa aneh untuk pertama kali tapi lama-lama akan terbiasa.

5. Matikan Ponsel Sebelum Tidur

Menurut National Sleep Foundation, cahaya biru juga dapat mempengaruhi tidur dengan menekan produksi hormon melatonin. Hormon ini memainkan peran kunci dalam pengaturan siklus tidur. Jadi, matikan ponsel 30 menit sebelum tidur.

6. Atur Kecerahan dan Kontras Layar

Salah satu cara untuk melindungi mata adalah dengan menyesuaikan tingkat kecerahan dan kontras layar. Memiliki kecerahan layar yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat menyebabkan ketegangan pada mata. Jadi, sesuaikan dengan kenyamanan.

7. Percikkan Mata dengan Air

Percikkan mata dengan air secara teratur. Kegiatan ini akan menangkal iritasi dan mengurangi kekeringan di mata. Selain itu, memercikkan mata dengan air juga dapat menurunkan masalah seperti penglihatan kabur dan membantu mata untuk fokus kembali.

Mulai sekarang hindari kebiasaan buruk saat menggunakan smartphone. Jika tidak, Anda bisa mengalami kerusakan mata. Yuk, selalu jaga kesehatan mata dengan bijak menggunakan ponsel. Salah satunya adalah hindari kebiasaan menggunakan smartphone sambil tiduran. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES