Pendidikan

Pererat Hubungan Orang Tua dan Anak Lewat Lomba Mendongeng

Rabu, 15 Agustus 2018 - 14:22 | 45.24k
Kegiatan lomba mendongeng, Rabu (15/8/2018) di Balai Kota Among Tani  Kota Batu. (FOTO: Ferry/TIMES Indonesia)
Kegiatan lomba mendongeng, Rabu (15/8/2018) di Balai Kota Among Tani Kota Batu. (FOTO: Ferry/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATU – Peringatan HUT ke-73 RI di Kota Batu diisi dengan berbagai lomba. Satu di antaranya lomba mendongeng. Harapannya, mendongeng kembali menjadi budaya dan mempererat hubungan orang tua dan anak.

Sebanyak 70 peserta mengikuti lomba yang berlangsung di Balai Kota Among Tani, Kota Batu. Mereka, para pesertanya adalah wali murid perwakilan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se-Kota Batu. 

Lomba yang diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Batu, berlangsung hari ini,  Rabu (15/8/2018).

Ketua Panitia, Argo Warsito menjelaskan, lomba dalam rangka HUT RI ini merupakan rangkaian workshop mendongeng dan kegiatan safari gemar membaca.

"Kegiatan ini juga untuk mempromosikan perpustakaan Kota Batu kepada masyarakat," ujar Argo kepada TIMES Indonesia.

Dalam lomba ini, kata dia, para peserta diberi keleluasaan mendongeng dengan dengan memanfaatkan media sebagai alat bantu.

Kriteria penilaian meliputi gestur, intonasi, dan pesan yang disampaikan oleh para pendongeng. Tim juri lomba berasal dari Perhimpunan Pendongeng Muslim Indonesia (PPMI) perwakilan Kota Malang.

Seperti dituturkan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batu, Eko Suhartono, lomba mendongeng bertujuan meningkatkan minat baca masyarakat, dan menggalakkan kembali budaya mendongeng di kalangan orang tua. "Karena dengan mendongeng dapat mempererat ikatan batin, membangun emosional antara orang tua dan anak," ujarnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Batu

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES