Peristiwa Daerah

SMAN 1 Manyar Wakili Jatim Lomba Perpustakaan Tingkat Nasional

Rabu, 15 Agustus 2018 - 13:10 | 80.17k
Bupati Gresik Sambari Halim Radianto dan Wakil Bupati Gresik Moh Qosim saat menerima Tim Penilai Lomba Perpustakaan tingkat Nasional. (FOTO: Humas Pemkab Gresik for TIMES Indonesia)
Bupati Gresik Sambari Halim Radianto dan Wakil Bupati Gresik Moh Qosim saat menerima Tim Penilai Lomba Perpustakaan tingkat Nasional. (FOTO: Humas Pemkab Gresik for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIK – Setelah menjadi juara perpustakaan sekolah terbaik di Jawa Timur (Jatim) tingkat SMA, SMAN 1 Manyar, Kabupaten Gresik melaju mewakili Jatim untuk mengikuti lomba di tingkat nasional.

Saat ini SMAN I Manyar diunggulkan untuk meraih juara. Perpustakaan sekolah yang mewakili Jatim ini akan berlaga dengan 15 perpustakaan SMA lain dari 15 provinsi se-Indonesia.

Rabu (15/8/2018) pagi, tim dewan juri menilai Perpustakaan SMAN 1 manyar. Sebelum menilai perpustakaan, Ketua Dewan Juri Sudirwan Hamid diterima oleh Bupati Gresik Sambari Halim Radianto dan Wakil Bupati Moh Qosim.

Ketua Tim Penilai, Sudirwan Hamid menyatakan perpustakaan sekolah merupakan hal penting dan merupakan jantung sekolah. Maka dari itu, perpustakaan harus menjadi tempat untuk mencari informasi dan pengetahuan lewat buku.

Sudirwan berharap dengan adanya perlombaan, yang merupakan sudah tujuh kali. Perpustakaan sekolah yang lain dapat mencontoh yang sudah juara.

“Kami dari Perpustakaan Nasional menganggap perpustakaan ini bisa menjadi tempat pembelajaran non formal seumur hidup,” tandasnya.

Pada kesempatan itu, Bupati Gresik menyampaikan komitmen literasi yang dijalankan Pemkab Gresik. Meskipun saat ini Bidang Informasi dan Teknologi sangat canggih, namun bidang baca-membaca di Gresik menjadi perhatian khusus masyarakat.

Tak hanya perpustakaan di lembaga pendidikan seperti sekolah dan pesantren, beberapa terobosan juga dilakukan Pemkab Gresik dalam mewujudkan peningkatan literasi bagi warga.

“Kami membangun perpustakaan ini tak hanya di dunia pendidikan, tapi di halte, terminal, angkutan kapal laut, terminal serta berbagai tempat dimana masyarakat banyak menggunakan akses tersebut," pungkasnya.

Untuk mendukung literasi daerah, beberapa saat yang lalu Bupati mengumpulkan karya tulis, skripsi, tugas akhir, disertasi, thesis dan lain lainyang kemudian hasil karya tersebut menjadi referensi bagi seluruh mahasiswa di Gresik.

"Karya tulis tersebut di tempatkan di lantai III ruang Perpustakaan, Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Gresik," tutup Bupati Gresik, Sambari Halim Radianto yang juga berharap SMAN 1 Manyar bisa juara di tingkat Nasional. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Gresik

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES