Gaya Hidup

Empat Tips Mudah Mengatasi Anak Takut Gelap

Selasa, 14 Agustus 2018 - 05:35 | 190.92k
Anak takut tempat gelap. (FOTO: Vemale.com)
Anak takut tempat gelap. (FOTO: Vemale.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTARasa takut dapat dirasakan oleh siapa saja dan normal terjadi. Bahkan pada anak-anak. Banyak anak takut tidur di malam hari karena suasananya yang gelap dan sunyi. Lalu bagaimana cara mengatasi anak takut gelap?

Berikut adalah macam-macam cara orangtua untuk menghadapi ketakutan anak pada gelap, dilansir dari Hello Sehat.

1. Hadapi anak dengan tenang

Ketakutan bisa membuat anak menjadi cemas. Jadi, cara terbaik untuk mengatasinya adalah menunjukkan sikap yang tenang dan memberikan rasa aman pada anak. Tanyakan apa yang membuat anak takut. Kemudian, jelaskan pada anak untuk menghadapi rasa takutnya dengan pilihan kata yang tidak dilebih-lebihkan supaya rasa takutnya tidak menjadi-jadi.

2. Menanggapi ketakutan anak dengan wajar

Biasanya sesuatu yang ditakutkan oleh anak adalah hal yang tidak nyata. Misalnya, anak takut dengan monster yang muncul dari bawah kolong tempat tidur saat malam hari. Nah, Anda tidak perlu cemas dan khawatir secara berlebihan pada hal tersebut. Rasa takutnya perlahan akan menghilang seiring berjalannya waktu.

3. Tenangkan anak dan alihkan rasa takutnya

Untuk mengatasi rasa takut anak pada gelap, lakukan secara bertahap. Jangan sampai rasa takut membuatnya tidak tidur nyenyak dan mengganggu tidur kakak adik atau Anda sendiri. Mungkin anak akan meminta untuk ditemani tidur atau meminta lampu kamar dibiarkan menyala. Nah, ini jangan sampai menjadi kebiasaan. Anda bisa membujuk anak untuk berani tidur sendiri dengan cara memberikan boneka kesayangan untuk menemani tidur anak.

Selain itu, kurangi waktu anak untuk menonton TV terutama saat malam tiba dan juga kurangi membaca buku-buku horor yang  menakutkan bagi anak. Sebaliknya, pilih buku-buku ringan yang bisa membuat suasana hati anak ceria.

4. Minta bantuan dokter atau psikolog

Pada kebanyakan anak, rasa takut gelap akan teratasi dalam beberapa minggu. Namun, jika anak tidak mengalami perubahan walaupun Anda sudah berusaha untuk mengatasinya, jangan ragu untuk meminta bantuan dokter atau psikolog.

Hindari anak dari stres, seperti kehilangan hewan peliharaan atau kematian orang terdekat atau permasalahan keluarga yang bisa memicu kecemasan dan membuat rasa takut pada anak menjadi lebih buruk. Segera lakukan solusi di atas jika anak takut gelap agar hal ini tidak berlangsung lama. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES