Selasa, 21 Agustus 2018
Peristiwa - Daerah

Selama KPN 2018 Desa Lebakhardjo Akan Dibagi Menjadi Lima Provinsi

Selama KPN 2018 Desa Lebakhardjo Akan Dibagi Menjadi Lima Provinsi Ketua Harian Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur, Purmadi. (FOTO: Widodo Irianto/TIMES Indonesia)
Senin, 13 Agustus 2018 - 06:44

TIMESINDONESIA, MALANG – Pola kehidupan Karang Pamitran Nasional (KPN) 2018 akan dibuat seperti pemerintahan layaknya kehidupan masyarakat dengan nama Pemerintahan Bhinneka Tunggal Ika yang dipimpin oleh seorang Presiden KPN 2018 dan desa Lebakhardjo akan dibagi menjadi 5 provinsi.

Di desa Lebakhardjo sendiri memiliki 6 dusun itu yakni dusun Krajan II, dusun Krajan 1A, dusun Krajan 1B, dusun Sukamaju A, dusun Sukamaju B, dan dusun Lebaksari. Pusat pemerintahannya ditetapkan di dusun Krajan 1B dimana Balai desa Lebakharjo sebagai pusatnya.

Lima provinsi itu terdiri atas provinsi Nusa, provinsi Bangsa, provinsi Bahasa, provinsi Budaya, dan provinsi Budidaya. "Ini sesuai dengan hasil petunjuk tehnis yang sudah diputuskan dalam SK Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Indonesia, " kata Ketua Harian Kwarda Jawa Timur, Purmadi.

Pembentukan model pemerintahan layaknya itu, menurutnya agar mereka bisa menyatu, yakni antara peserta dari seluruh Indonesia bersama masyarakat setempat sebagai landasan kehidupan yang berbhinneka namun hidup berdampingan dan harmonis. "Yakni sebuah kehidupan yang diidam-idamkan bangsa Indonesia, sebuah masyakat yang harmonis berlandaskan Pancasila yang ber-Bhinneka Tunggal Ika," ujarnya.

Pemerintahan Bhinneka Tunggal Ika itu akan dipimpin oleh Presiden KPN 2018 dengan Pusat Pemerintahannya di Balai Desa Lebakharjo yang berlokasi di Dusun Krajan 1B. Pusat pemerintahan ini merupakan Sekretariat Pusat yang mengendalikan tata kelola KPN 2018.

Di pusat pemerintahan ini akan dilengkapi juga pos keamanan, pos transportasi, bank dan ATM, dan pendopo pertemuan.

Sementara itu pusat pemerintahan Provinsi juga akan dipimpin oleh seorang Gubernur KPN 2018 yang terdiri dari 5 Gubernur yakni Gubernur Provinsi Nusa, Bangsa, Bahasa, Budaya, dan Budidaya. Provinsi Nusa terletak di Dusun Krajan 2, Provinsi Bangsa terletak di Dusun Sukomaju A, Provinsi Bahasa terletak di Dusun Sukomaju B, Provinsi Budaya terletak di Dusun Krajan 1A, dan Provinsi Budidaya terletak di Dusun Krajan 1B. Para gubernur itu akan bertanggungjawab langsung kepada Presiden KPN 2018. (*)

Jurnalis : Widodo Irianto
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Malang

Komentar

Registration