Peristiwa Daerah Dari Desa untuk Indonesia

Empat Desa di Kecamatan Singgahan Tuban, Gagas Kawasan Desa Wisata

Senin, 13 Agustus 2018 - 01:06 | 407.96k
Rapat Tim perumus pembentukan kawasan desa wisata yang diikuti empat Kepala Desa, Pemuda dan tokoh masyarakat di hadiri Camat Singgahan, Kabupaten Tuban, Minggu (12/08/2018) (FOTO: Safuwan/TIMES Indonesia)
Rapat Tim perumus pembentukan kawasan desa wisata yang diikuti empat Kepala Desa, Pemuda dan tokoh masyarakat di hadiri Camat Singgahan, Kabupaten Tuban, Minggu (12/08/2018) (FOTO: Safuwan/TIMES Indonesia)
FOKUS

Dari Desa untuk Indonesia

TIMESINDONESIA, TUBAN – Tim perumus pembentukan kawasan desa wisata di Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, Jawa Timur menggelar rapat bersama, selain merencanakan pembangunan sarana prasarana mereka juga akan menawarkan produk unggulan yang dimiliki. Ini juga sebagai bentuk spirit Dari Desa untuk Indonesia.

Empat desa itu masing-masing Desa Mulyoagung, Gedungjambe, Mulyorejo dan Desa Tingkis. Keempat desa tersebut memilki potensi lokasi wisata yang siap untuk dikunjungi wisatawan domestik maupun wisatawan asing.

Hasil rangkuman TIMES Indonesia mengutip dari masing-masing kepala desa saat presentasi Minggu (12/08/2018), berikut lokasi kawasan desa wisata itu.

Desa Mulyorejo akan mengangkat wisata lokasi Kolam Renang, Bumi Perkemahan, Kebon Jeruk, dan produk unggulan tape.

Desa Tingkis, Batu Van Tuban, potensi terdapat empat titik yakni Air Terjun Nglirip yang sudah memiliki spot foto, kawasan outbond anak-anak, di lokasi Nglirip juga digadang akan dibangun homestay darurat yang bisa digunakan untuk penginapan bagi wisatawan, agro wisata.

Desa Mulyoagung, Air terjun Nglirip sebelah utara, tiga titik wisata alam dan wisata religi, dan spot goa terkokoh dan terbesar yang baru ditemukan.

Desa Kedungjambe, akan mempromosikan air terjun kembar, Sendang Kejiret yang masih memerlukan pembangunan sarana karena memiliki potensi sumber air yang jernih.

"Di Desa Kedungjambe ini juga memiliki wisata pemandian air panas untuk terapi. Dari beberapa lokasi kawasan desa wisata ini besar harapan kami selaku tim perumus bisa mendapat support dari pemerintah untuk pembangunan sarana prasarana," kata Kepala Desa Kedungjambe Ansori.

Camat Singgahan R. Dani Ramdani yang menghadiri rapat tim perumus kawasan desa wisata menyampaikan, hasil rapat bersama tim perumus kawasan desa wisata itu akan dipresentasikan ke Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban.

"Harapannya pembentukan kawasan desa wisata ini tidak hanya mengelola titik-titik wisata saja, tetapi membentuk desa tempat wisata yang artinya pengelolaan aspek potensi secara keseluruhan dan melibatkan seluruh komponen masyarakat untuk menjadi pendukung wisata dan spirit Dari Desa untuk Indonesia. Sehingga setiap wisatawan yang masuk ke desa sudah bisa merasakan seperti berwisata," harap Camat Singgahan ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Tuban

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES