Rabu, 12 Desember 2018
Ekonomi Liputan6.com

7 Cara Tepat Mengatur Keuangan bagi Freelancer

7 Cara Tepat Mengatur Keuangan bagi Freelancer Ilustrasi - Membeli barang sesuia dengan kebutuhan (FOTO: iStockphoto)
Senin, 13 Agustus 2018 - 04:30

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pekerjaan menjadi seorang freelancer semakin populer karena pola kerjanya yang fleksibel. Sebab freelancer tidak terikat waktu dan tempat untuk bekerja.

Meski jumlah penghasilan yang didapat tidak menentu, rata-rata freelancer bisa menghasilkan uang dalam jumlah jutaan, bahkan belasan juta rupiah dalam satu bulan. Namun, kembali lagi, jumlah ini tergantung dari jumlah project yang akan diselesaikan.

Tidak menentunya pekerjaan dan pendapatan membuat freelancer harus mampu mengontrol keuangan dengan ketat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Supaya tidak kebablasan, lakukan tips-tips mengatur keuangan ala freelancer agar hidup lebih sejahtera, seperti yang dikutip dari Cermati.com.

1. Menabung Selalu Jadi Pilihan Utama

Jumlah penghasilan yang diperoleh freelancer sangat tidak pasti. Kadang di atas Rp 10 juta, bahkan hanya Rp 1 juta per bulan.

Ketidakpastian ini harus diantisipasi dengan cara menabung. Ketika gaji sudah ditransfer, sebagian dari gaji tersebut sebaiknya ditabung ke rekening khusus agar pengelolaan gaji jadi lebih optimal.

2. Selalu Menyiapkan Dana Darurat

Selain menabung, freelancer juga perlu menyisihkan dana darurat. Dana ini digunakan untuk berbagai kepentingan mendadak, misalnya sakit.

Uang.jpgTidak sedikit orang yang bisa bertahan hingga akhir bulan dengan penghasilan yang didapatkan pada awal bulan.

Dengan jumlah dana darurat yang cukup, Anda tidak perlu menarik uang dari rekening pribadi lagi untuk membiayai berbagai kebutuhan darurat. Dengan begitu, jumlah uang yang tersimpan di rekening tabungan tetap aman tanpa berkurang sepeser pun.

Jurnalis : Fitriana Monica Sari
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Liputan6

Komentar

Registration