Gaya Hidup

Awas! Internet Cepat Bisa Mempengaruhi Kualitas Tidur

Senin, 13 Agustus 2018 - 01:28 | 33.54k
Ilustrasi - bermain ponsel saat akan tidur (FOTO: DailyMail)
Ilustrasi - bermain ponsel saat akan tidur (FOTO: DailyMail)

TIMESINDONESIA, JAKARTAInternet kecepatan tinggi memberikan kemudahan mengakses berbagai situs atau mendapatkan berbagai hal dari internet. Kecepatan internet juga bisa mendukung pekerjaan atau bahkan membuat seseorang mendapatkan hiburan dengan lebih mudah. Namun, di samping manfaat tersebut, kecepatan internet ternyata juga bisa mempengaruhi kualitas tidur, lho.

Dilansir dari Daily Mail, dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Bocconi University, Milan, Italia, dan dipublikasikan hasilnya dalam Journal of Economic Behaviour and Organization, dihasilkan fakta bahwa orang-orang dengan jaringan internet yang cepat di dalam rumah cenderung tidur dengan durasi 25 menit lebih sedikit jika dibandingkan dengan orang yang memiliki jaringan internet yang lebih lambat.

Tak hanya durasi waktu tidur, tingkat kelelahan dan kepuasan tidur juga dipengaruhi oleh kecepatan internet. Hal ini disebabkan oleh kecenderungan orang yang memiliki internet cepat untuk menghabiskan waktu yang lebih banyak dengan gadget yang dipakainya.

Tak hanya mengecek media sosial, mereka juga lebih tertarik untuk bermain games atau berselancar di berbagai situs hingga larut malam.

Durasi waktu tidur berkurang, otomatis kita pun akan merasa lebih mudah lelah dan kurang bugar saat bangun keesokan paginya.

Jika memang tidak membutuhkan internet kecepatan tinggi untuk keperluan pekerjaan, sebaiknya pilihlah akses internet yang biasa saja. Tujuannya adalah demi memastikan kualitas tidur malam dan baik bagi kesehatan tubuh. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES