Peristiwa Daerah

Menteri Sosial RI dan Anak Indonesia Bermain Bersama, Begini Kemeriahannya

Minggu, 12 Agustus 2018 - 18:57 | 22.50k
Mensos Idrus Marham bersama Dirjen perlindungan dan jaminan sosial Kemensos RI Harry Hikmat menikmati permainan anak-anak Minggu (12/08/2018) (FOTO: Istimewa)
Mensos Idrus Marham bersama Dirjen perlindungan dan jaminan sosial Kemensos RI Harry Hikmat menikmati permainan anak-anak Minggu (12/08/2018) (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ribuan anak-anak bermain dan bergembira bersama bersama Menteri Sosial RI Idrus Marham dalam acara Gebyar Prestasi Keluarga Sejahtera Indonesia 2018, yang berlangsung di Bumi Perkemahan Cibubur, Minggu (12/08/2018).

Menteri Sosial RI Idrus Marham mengungkapkan kegiatan ini diikuti 6.000 peserta terdiri dari 2.500 anak-anak berprestasi dan 1.500 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH).

Hadir juga anak-anak penyandang disabilitas dan anak-anak berprestasi lainya. Selebihnya Pendamping PKH, Satuan Bakti Pekerja Sosial, petugas panti, relawan sosial, dunia usaha, perguruan tinggi, dan dinas sosial provinsi/kabupaten/kota. 

Idrus mengatakan tujuan kegiatan ini untuk memotivasi anak-anak bahwa kesuksesan tidak hanya bergantung pada fasilitas yang tersedia. Prestasi yang tinggi dapat diraih karena adanya ketekunan, kegigihan dalam berjuang dan berusaha, serta kerja keras pantang menyerah. 

Kedua, mendorong lahirnya tradisi prestasi dalam diri anak-anak dan menjadikan prestasi sebagai instrumen yang dapat meningkatkan produktifitas. Melalui prestasi diharapkan masyarakat dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat sehingga angka kemiskinan dapat ditekan.

Ketiga, menebar benih-benih kemandirian untuk masa depan sehingga dapat mengangkat dari kondisi kemiskinan keluarga yang permanen.   

Di Kementerian Sosial, lanjutnya, sesuai dengan amanat UUD 1945 dan UU Nomor 11 Tahun 2009 tentang Kesejahteraan Sosial, maka negara harus hadir dalam merespon berbagai masalah sosial. 

Masalah sosial tersebut mencakup kemiskinan, keterlantaran, kecacatan, keterpencilan, ketunaan sosial dan penyimpangan perilaku, korban bencana, korban tindak kekerasan, eksploitasi dan diskriminasi. 

"Kementerian Sosial memiliki mandat melaksanakan Rehabilitasi Sosial, Jaminan Sosial, Pemberdayaan Sosial serta Penanganan Fakir Miskin dan Perlindungan Sosial yang diimplementasikan dalam berbagai program peningkatan kesejahteraan sosial," tutur Mensos. 

Program tersebut di antaranya PKH, Program Kesejahteraan Sosial Anak (PKSA), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), Kelompok Usaha Bersama, Usaha Ekonomi Produktif, dan KUBE/ UEP, dan lainnya.

"Program dimaksud tidak hanya memberikan dampak yang signifikan  bagi penurunan angka kemiskinan dan kesenjangan sosial melainkan juga meningkatkan kemandirian  keluarga dan  mewujudkan anak-anak berprestasi," terang Mensos. 

Oleh karena itu, lanjutnya, perlu adanya penghargaan terhadap pencapaian bagi keluarga sejahtera mandiri dan anak-anak yang berprestasi untuk memberikan inspirasi bagi anak-anak dan keluarga Indonesia serta masyarakat pada umumnya.

Menteri memaparkan Gebyar Prestasi Keluarga Sejahtera Indonesia 2018 dikemas unik dan menarik dengan ciri khas anak-anak yang gembira, penuh warna, disertai kegiatan dan pengalaman seru. Arena acara didisain dengan menggunakan pendekatan galaksi alam semesta.  

Menurut Menteri Sosial RI ada satu panggung utama (Planet Matahari) yang dikelilingi oleh planet-planet. Ada sembilan planet yang akan mengitari panggung utama yakni Planet Gerak (prestasi olah raga), Planet Ilmu (prestasi akademik).

Ada Planet Hati (prestasi keagamaan), Planet Seni (prestasi seni dan budaya), Planet Unik (prestasi yang unik), Planet Kreatif (produk ekonomi kreatif), Planet Dolanan (permainan tradisional), Planet Ceria (permainan anak anak), dan Planet Kuliner (jualan aneka makanan produk KPM yang sudah graduasi). Begitu penuturan Menteri Sosial RI kepada di Gebyar Prestasi Keluarga Sejahtera. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES