Senin, 10 Desember 2018
Peristiwa - Internasional

Bazar Indonesia 2018 di Sydney, Agustusan Serasa di Kampung Halaman

Bazar Indonesia 2018 di Sydney, Agustusan Serasa di Kampung Halaman Suasana Bazar Indonesia 2018 dalam rangka menyongsong Dirgahayu Ke-73 Kemerdekaan Indonesia itu dihelat di Addison Road Cummunity Centre, Marrickville, (11/8/2018). (FOTO: TIMES Indonesia)
Minggu, 12 Agustus 2018 - 19:11

TIMESINDONESIA, SYDNEY – Ribuan masyarakat Indonesia di Sydney membanjiri Bazar Indonesia 2018. Gelaran dalam rangka menyongsong Dirgahayu Ke-73 Kemerdekaan Indonesia itu dihelat di Addison Road Cummunity Centre, Marrickville, (11/8/2018).

Acara ini diselenggarakan induk oraganisasi kemasyarakatan Indonesian Community Centre  (ICC New Shout Wales bekerja sama dengan Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Sydney, Australia.

HUT-RI-di-Australia-1.jpg

Writer TIMES Australia (TIMES_Indonesia Network), Riyanto, melaporkan, masyarakat yang hadir serasa berada di Indonesia. Mereka bisa menikmati masakan dan jajanan khas dari berbagai daerah di Indonesia. Antara lain Gudeg Jogja, Rendang Padang, Coto Makasar, Tempe Mendoan dan Sate Ayam yang menjadi salah satu favorit.

Anak-anak yang sebagian besar lahir di Australia juga diajak memeriahkan lomba-lomba tradisional Indonesia. Ada lomba kelereng, makan krupuk, memasukan bolpoint ke dalam botol.

HUT-RI-di-Australia-2.jpg

Ada pula Fashion Show pakaian traisional Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Lomba-lomba yang dimotori Tim KJRI ini juga memberi hiburan kelompok dewasa dengan lomba karaoke, catur dan gaple.

Selama bazaar berlangsung, masyarakat mendapat hiburan kesenian tari dan menyanyi dan lomba karaoke serta tari poco-poco masal. 

"Ini gelaran akbar. Dalam hal ini ada tiga hal yang pertama apresiasi. Kebersamaan, perwujudan nilai tambah keberadaan masyarakat Indonesia di Australia,"  kata Konsul Jenderal RI Sydney, Heru Subolo.

HUT-RI-di-Australia-3.jpg

"Apa yang dilakukan teman- teman juga bermanfaat kepada Australia melihat budaya Indonesia melalui makanan dan kesenian  tradisional menyanyi serta menari. Peran ICC bagus sekali sangat mendukung dan saya berharap yang seperti ini terus di dukung masyarakat yang lain," tambahnya.

Ketua Panitia Mia Lee menambahkan, sukses penyelanggaraan bazaar kali ini berkat kerja  sama panitia dengan semua pihak yang selalu dikawal ICC.

LOmba-Makan-Krupuk.jpg

"Semua ini berkat kerja sama yang baik. Termasuk dukungan adik-adik student dari PPIA Macquarie University. Mohon maaf jika ada kesalahan dan kekurangan," ucap Mia Lee.

Bazar Indonesia 2018 ini dibuat dalam rangka menyongsong HUT Ke-73 Kemerdekaan Indonesia di Addison Road Cummunity Centre, Marrickville, Sydney. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

Komentar

Registration