Peristiwa Daerah

Serunya Lomba Panjat Pinang Ibu-ibu di Probolinggo

Minggu, 12 Agustus 2018 - 16:04 | 197.25k
Ibu - ibu gang bengkel sedang berusaha memanjat pinang. (FOTO: Happy L./TIMES Indonesia)
Ibu - ibu gang bengkel sedang berusaha memanjat pinang. (FOTO: Happy L./TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Biasanya lomba panjat pinang, identik dengan kaum adam yang kekar. Namun di Probolinggo Jawa Timur, sejumlah ibu-ibu turut serta lomba tersebut. Jatuh bangun dan gelak tawa pun mengiringi ibu - ibu perkasa tersebut untuk mencapai puncak pinang.

Panjat pinang ibu – ibu, yang digelar di jalan Priksan, Gang Bengkel, Kelurahan Kebonsari Kulon, Kecamatan Kanigaran, Kota Probolinggo, sangat seru dan menghibur. Beberapa ibu - ibu nampak berjibaku dengan tiang panjat pinang dan berusaha mencapai puncak.

Panjat-Pinang-Ibu-ibu-2.jpg

Ya, biasanya lomba ini identik dengan para bapak bapak atau lelaki. Namun kali ini, para ibu turut serta meramaikan. Tujuannya sederhana saja, sebagai simbol kesetaraan gender.

“Selama ini ibu - ibu identik dengan pekerjaan dapur dan mengurus rumah tangga. Sementara untuk aksi heroik dan penuh perjuangan seperti panjat pinang, selalu diidentikkan dengan kaum lelaki. Kami pun berupaya untuk ikut serta dalam lomba ini dan nyatanya kami juga bisa,” kata salah satu peserta, Irawati, Minggu (12/8/2018).

Panjat-Pinang-Ibu-ibu-3.jpg

Tak sekedar lomba panjat pinang semata, ada hadiah menarik yang disediakan panitia penyelenggara. Hadiah utamanya berupa dua buah sepeda gunung. Serta beberapa hadiah elektronik lainnya.

Diharapkan, dengan digelarnya lomba panjat pinang ibu ibu ini, mampu menginspirasi kaum muda untuk mau berjuang dan berusaha sebaik mungkin. “Sehingga momen kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73 ini, mampu diisi dengan perjuangan dan semangat untuk membangun bangsa,” ujar Ketua RT setempat, ibu Didik.

Tak ayal lomba panjat pinang ibu - ibu inipun menyita perhatian masyarakat. Ratusan warga berkumpul di areal pelaksanaan lomba, untuk menyaksikan keseruan ibu – ibu yang ikut lomba panjat pinang itu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Probolinggo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES