Rabu, 12 Desember 2018
Glutera News Glutera News

9 Dampak Negatif Bagi Tubuh Jika Malas Olahraga

9 Dampak Negatif Bagi Tubuh Jika Malas Olahraga (FOTO: Glutera)
Minggu, 12 Agustus 2018 - 13:02

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Memiliki tubuh sehat dan kuat memang menjadi dambaan setiap manusia, baik laki-laki maupun perempuan. Pasalnya tubuh yang sehat akan membantu Anda melakukan aktivitas dengan maksimal. Salah satu cara agar tubuh sehat adalah dengan rajin olahraga. Jika Anda termasuk yang malas olahraga, ayo biasakan diri untuk berolahraga dan mulai hidup sehat.

Memang seperti apakah dampak negatif jika Anda tidak membiasakan untuk melakukan olahraga setiap hari? Berikut ulasannya.

1. Menyebabkan Kematian Prematur

Masalah prematur ternyata bukan hanya pada kasus bayi yang lahir sebelum waktunya, tetapi juga pada kasus kematian orang tua. Berdasarkan hasil dari penelitian menyebutkan bahwa 1 dari 10 kasus kematian prematur (kematian lebih cepat dari umur biasanya, karena kondisi tua) yang ada di seluruh dunia di sebabkan karena kurangnya aktivitas olahraga. Ini sudah melalui proses penelitian yang di liput dalam suatu jurnal medis Lancet tahun 2012.

2. Mudah Depresi

Berdasarkan hasil dari penelitian yang sudah dilaporkan pada American Journal of Preventive Medicine tahun 2013 menyebutkan bahwa salah satu dampak dari kurangnya berolahraga adalah depresi. Para peneliti sudah melakukan penelitian kurang lebih pada 30 studi, dan sebanyak 25 studi menyebutkan bahwa orang yang tidak membiasakan berolahraga cenderung lebih mudah depresi.

Perasaan tertekan dan khawatir akan terus menghantui jika Anda tidak melakukan olahraga. Oleh sebab itu cara mencegah depresi bisa dengan cara olahraga. Anda harus mengenali ciri ciri depresi, sehingga ketika merasakannya Anda harus bisa mengubah gaya hidup.

3. Mood Tidak Stabil

Biasanya mereka yang jarang berolahraga akan lebih mudah terkena gangguan mood. Sebab mereka hanya menyibukkan diri dengan pekerjaan dan apapun yang sedang dilakukannya saat ini. Meskipun awalnya mereka tampak biasa saja, terlihat bahagia, namun tiba-tiba berubah murung dan sedih.

Perubahan mood ini juga menjadi tanda stres ada di dalam tubuhnya. Penyebab stres ini juga diakibatkan kurang berolahraga. Ciri orang yang mengalami stres dia kehilangan nafsu untuk mengerjakan berbagai aktivitas hariannya.

4. Otot Menjadi Lemah

Tubuh Anda masih memiliki kekuatan tersendiri yang tersimpan rapi di dalamnya. Jika tidak memanfaatkannya, tidak membangunnya, maka kekuatan tersebut juga tidak akan muncul. Lalu bagaimana untuk membangunkannya? Dengan membiasakan berolahraga setiap hari.

Semakin lama tubuh menganggur, tidak melakukan aktivitas apapun. Otot akan semakin lemah dan mudah sakit jika melakukan kegiatan berat sedikit.

5. Mengalami Osteoporosis

Mitokondria tubuh manusia akan semakin baik fungsinya jika semakin sering digunakan untuk berolahraga. Mereka yang jarang melakukan aktivitas olahraga sama saja tidak melestarikan kepadatan tulang seiring dengan usianya yang bertambah. Jika kepadatan tulang tidak di jaga, maka berbagai penyakit tulang akan semakin mudah hinggap pada dirinya. Salah satunya adalah osteoporosis.

6. Berisiko Mengalami Patah Tulang

Mereka yang tidak biasa melakukan aktivitas olahraga, juga akan lebih mudah terkena patah tulang. Pasalnya tulang yang semakin tua, kemampuan dan daya elastisitasnya sudah berkurang. Akhirnya kepadatannya juga berkurang.

Ketika seseorang terjatuh, proses penyembuhan antara orang yang biasa melakukan olahraga dengan yang tidak pernah melakukan olahraga cenderung lebih cepat sembuh mereka yang biasa melakukan olahraga. Selain itu, yang tidak pernah melakukan olahraga, kekuatan tulangnya lebih kurang. Maka jika terkena sesuatu atau terbentur sedikit, akan lebih mudah patah.

7. Mengalami Penuaan Dini

Tubuh yang tidak pernah di pakai untuk berolahraga akan cenderung lebih mudah mengalami penuaan. Dari US Center for Disease Control and Prevention memberikan wejangan bahwa tulang yang jarang di pakai untuk berolahraga akan lebih mudah dan cenderung mengalami penuaan.

Bisa disimpulkan bahwa penyebab penuaan dini diakibatkan oleh kurang olahraga. Maka salah satu obat untuk mencegah terjadinya penuaan ini, National Institute on Aging merekomendasikan untuk tetap melakukan latihan kekuatan selama 30 menit dalam dua hari selama kurun waktu satu minggu.

8. Berisiko Terkena Penyakit Jantung

Membiasakan untuk hidup sehat dan sering berolahraga memang sangat baik untuk tubuh. Maka bahagialah mereka yang sudah membiasakan kebiasaan ini selama sehari hari. Sebab mereka yang tidak melakukan olahraga, akan lebih mudah terkena penyakit mematikan misalnya terkena serangan jantung. Ini berkaitan dengan tekanan darah yang sering tidak terkontrol karena pola hidup yang kurang sehat.

9. Mudah Terserang Flu

Memang flu menjadi salah satu penyakit yang biasa dan bukan sesuatu yang berbahaya. Namun terkena flu sangat mengganggu aktivitas keseharian Anda. Flu menjadi hambatan terbesar untuk melakukan aktivitas dengan optimal.

The National Institute of Health melaporkan bahwa olahraga membantu mempercepat kinerja sel darah putih atau leukosit dalam tubuh. Jika tidak membiasakan untuk berolahraga sehari hari, kerja leukosit menjadi lebih lambat. Akhirnya tubuh mudah terkena flu, yang menjadi suatu indikasi penyakit yang lebih parah lagi. Untuk mencegah gejala flu datang sebaiknya Anda rajin olahraga.

Inilah beberapa dampak negatif malas olahraga. Anda bisa memulai hidup sehat dengan melakukan olahraga paling ringan dan murah yaitu jogging di pagi hari. Dengan jogging pagi Anda bisa terhindar dari berbagai macam dampak buruk tidak olahraga. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Glutera News

Komentar

Registration