Ketahanan Informasi

Hibah Drone UWG Malang Wujudkan Mimpi Pegiat Wisata

Hibah Drone UWG Malang Wujudkan Mimpi Pegiat Wisata PKM UWG Malang memberikan pelatihan dan hibah drone di rest area Desa Gubugklakah, Kamis-Sabtu (25-26/7/2018). (FOTO: ajp.TIMES Indonesia)
Sabtu, 11 Agustus 2018 - 00:36

TIMESINDONESIA, MALANGKampus Inovasi Universitas Widyagama (UWG) Malang sangat peduli akan kekayaan alam Nusantara. Bentuk kepedulian itu dituangkan dalam bentuk melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui Program Kemitraan Masyarakat.

Kali ini, UWG Malang menggandeng mitra pegiat wisata di Desa Gubugklakah Kecamatan Poncokusumo Kabupaten Malang untuk meningkatkan ekowisata.

PKM UWG Malang memberikan pelatihan dan hibah drone di rest area Desa Gubugklakah, Kamis-Sabtu (25-26/7/2018).

UWG-a.jpg

3 dosen Fakultas Teknik UWG yang memberikan pelatihan adalah Faqih, ST, MT,  Dr. Ir. Fachrudin, MT dan Ir. Ngudi Tjahjono, MSc. Disamping para dosen, pelatihan ini juga melibatkan M Ifan Fanani, mahasiswa Teknik Elektro. 

"Kami rasa pelatihan ini penting, bertujuan meningkatkan kemampuan mitra dalam pengambilan dan pengolahan foto dan video menggunakan drone sebagai salah satu nilai tambah layanan wisata bagi para wisatawan," ungkap Faqih. 

Ia juga berharap drone yang dihibahkan ini diharapkan menjadi salah satu sarana yang efektif untuk menyiapkan materi promosi dengan lebih baik. 

Materi pelatihan meliputi pengenalan drone, install software controller drone di android, remote control, cara menerbangkan drone, cara mengambil foto dan video dengan drone, dan intlellegence flying. 

Heri Siswoyo, salah seorang anggota Lembaga Desa Wisata Gubugklakah dengan terharu menyampaikan, bahwa selama ini kelompoknya punya mimpi memiliki drone untuk dokumentasi kegiatan. 

"Alhamdulillah, hari ini mimpi kami menjadi kenyataan," ungkapnya.

Mereka pun menyatakan kepuasannya terhadap materi pelatihan yang sangat bagus dan menarik, sebab ternyata menggunakan drone itu sangat mudah dan menyenangkan. 

Mereka berharap agar pengabdian seperti ini terus berlanjut untuk meningkatkan kemampuan SDM mereka. 

Dalam kesempatan tersebut Tim Pelaksana PKM UWG Malang juga memberikan buku panduan penggunaan drone secara praktis sebagai tutorial pelatihan.(*)

Jurnalis : Rita Hanafie (CR-059)
Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Sholihin Nur

Komentar

Registration