Peristiwa - Daerah

Jelang Idul Adha, Disnakwan Lamongan Terjunkan Puluhan Petugas

Jelang Idul Adha, Disnakwan Lamongan Terjunkan Puluhan Petugas Sapi yang siap untuk dijadikan hewan kurban di Hari Raya Idul Adha1439 Hijriyah, Jumat, (10/8/2018). (Foto: Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (FOTO: (Disnakwan) Kabupaten Lamongan for TIMES Indonesia)
Jum'at, 10 Agustus 2018 - 16:55

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakwan) Kabupaten Lamongan, Jawa Timur (Jatim), menerjunkan 37 petugas menjelang Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriyah untuk memantau hewan kurban.

“Diknaswan Lamongan akan turunkan 37 petugas terdiri dari 27 Mantri Kesehatan hewan di setiap Kecamatan dan Dokter Hewan dari Disnakwan Kabupaten Lamongan,” kata Kabid Keswan Kabupaten Lamongan, drh Puji Hermawan, Jumat (10/8/2018).

Ternak-Sapi-A.jpg

Ke-37 petugas itu, akan bertugas untuk melakukan pemantauan dan pemeriksaan kesehatan hewan yang akan dijadikan hewan kurban di lapak-lapak penjualan hewan kurban di wilayah Kabupaten Lamongan. “Jangan sampai ada hewan yang berpenyakit tapi masih dijual pedagang,” ucap Puji.

Selain memeriksa kesehatan hewan yang akan dijadikan hewan  Kurban, Puji menerangkan  ke 37 petugas itu juga akan melakukan pemeriksaan dalam pemenuhan syarat hewan kurban dalam syariat Islam.

"Jika tidak memenuhi persyaratan, maka harus dikembalikan atau disarankan tidak dijual untuk keperluan hewan kurban," ujarnya.

Iapun membeberkan persyaratan yang harus dimilki hewan kurban, salah diantaranya umur hewan kurban harus minimal berumur 1 tahun serta giginya sudah ada yang tanggal.

"Pemeriksaan hewan kurban ini  akan terus kami laksanakan hingga H+3 Hari Raya Idul Adha," ucapnya.

Lebih jauh, Puji menuturkan, selain melakukan pemeriksaan pada hewan kurban, petugas Disnakwan Lamongan juga memeriksa tempat-tempat pemotongan hewan darurat seperti halaman masjid, halaman sekolah, pinggir jalan, lapangan dan tempat terbuka lainnya.

“Dalam waktu dekat, Disnakwan juga akan memberi pembinaan terhadap Ta’mir Masjid atau perwakilanya untuk pemberian materi atau pengetahuan proses pemilihan hewan kurban yang sehat dan proses penyembelihan hewan kurban,” tutur Kabid Keswan Kabupaten Lamongan ini. (*)

Jurnalis : Siti Nura
Editor : Faizal R Arief
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Lamongan

Komentar

Registration