Peristiwa Nasional Gempa Lombok 7 SR

Menkes RI: Ratusan Dokter Spesialis Sudah Dikirim ke NTB

Jumat, 10 Agustus 2018 - 14:57 | 34.12k
Menteri Kesehatan Nila Djuwita Farid Moeloek. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)
Menteri Kesehatan Nila Djuwita Farid Moeloek. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Kesehatan telah mengirim 148 dokter spesialis dan 222 tenaga non kesehatan dikirim ke Nusa Tenggara Barat untuk memberi pertolongan korban gempa bumi di Nusa Tenggara Barat (NTB) yang saat ini dirawat di rumah sakit setempat. 

"Kami mengirim banyak dokter ortopedi, ada 60 orang, sedangkan dokter spesialis itu ada 78 orang. Ini data sementara dan masih bisa berubah," kata Menteri Kesehatan Nila Djuwita Farid Moeloek di Jakarta (10/8/2018).

Menurut Nila, data sementara jumlah pasien yang dirawat di rumah sakit setempat akibat gempa tersebut sebanyak 266 orang. Sedangkan pasien yang harus dioperasi, rinciannya, 135 orang karena mengalami patah tulang, tiga orang akibat cidera kepala, dan 50 orang sudah dipulangkan. Tujuh orang wisatawan asing luka ringan.

Adapun kegiatan kegawatdaruratan yang saat ini disiagakan oleh pemerintah yakni di RS Kota Mataram dan rumah sakit terapung KRI dr. Soeharso.

Untuk korban gempa bumi yang hanya luka ringan, tak harus ditangani dokter spesialis, dan dilarikan ke Rumah Sakit Utama di NTB. "Perlu juga adanya Posko Kesehatan untuk penanganan korban luka ringan dan tidak perlu dirujuk ke rumah sakit," ucap Menkes RI. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES