Pendidikan

Sehari Siswa dan Guru SDN Punten 1 Berbahasa Jawa di Sekolah

Sehari Siswa dan Guru SDN Punten 1 Berbahasa Jawa di Sekolah Tidak hanya berbahasa Jawa selama sehari, guru dan siswa SDN Punten 1 juga berbusana khas Jawa. (FOTO: Muhammad Dhani Rahman/TIMES Indonesia)
Kamis, 09 Agustus 2018 - 14:00

TIMESINDONESIA, BATU – Suasana sekolah Jawa tempo doeloe benar-benar diusung oleh SDN 1 Punten, Kota Batu ke jaman modern saat ini.

Seperti Kamis (9/8/2018) seluruh guru dan siswa menggunakan baju khas Jawa. Yang laki-laki menggunakan baju lurik dan blangkon, sementara yang wanita menggunakan kebaya.

Bahkan selama sehari, seluruh guru dan siswa harus menggunakan bahasa Jawa. Iya, di sekolah ini setiap hari Kamis minggu kedua dan keempat harus menggunakan bahasa Jawa.

“Selama sehari para guru dan siswa harus menggunakan bahasa Jawa, karena itu kita namakan program ini Sedinten Boso Jawi (sehari berbahasa Jawa),“ kata Kepala Sekolah SDN 1 Punten, Kecamatan Bumiaji, Kota Batu,Dra Prihastutik MPd.

Program yang dilaksanakan sejak tahun 2016 ini dilaksanakan SDN rujukan di Kota Batu ini berawal dari keprihatinan guru terhadap jebloknya nilai mata pelajaran bahasa Jawa.

Sementara nilai Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris malah lebih baik. “Kita kumpulkan data, ternyata kebanyakan para siswa, kalau di rumah berbicara dengan orang tuanya menggunakan bahasa Indonesia,“ ujar Prihastutik.

Berangkat dari kenyataan ini, para guru melakukan evaluasi dan akhirnya membuat program Sedinten Boso Jawi. Program yang dilaksanakan sejak tahun 2016 ini mengajarkan para guru dan anak-anak belajar bahasa Jawa Ngoko, Kromo Madyo dan Kromo Inggil.

Awalnya tidak hanya para siswa yang kesulitan bahasa Kromo Madyo dan Kromo Inggil, Prihastutik pun mengakui para guru juga masih kesulitan.

Jurnalis : Muhammad Dhani Rahman
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Batu

Komentar

Loading...
Registration