Minggu, 21 Oktober 2018
Gaya Hidup

5 Penyebab Kebotakan di Usia Muda

5 Penyebab Kebotakan di Usia Muda ILUSTRASI. (FOTO: Bramardianto)
Kamis, 09 Agustus 2018 - 05:25

TIMESINDONESIA, JAKARTAKebotakan menjadi masalah kesehatan rambut yang sering dikeluhkan. Kebotakan biasanya terjadi untuk usia tua atau sekitar usia 40 tahun. Namun saat ini banyak kaum muda usia 20-an yang sudah mengalami kebotakan, lho! Kebanyakan kebotakan ini terjadi pada laki-laki. Padahal, kebotakan dianggap sebagian kaum laki-laki bisa menurunkan kepercayaan diri. Lalu apa penyebab kebotakan di usia muda ini?

Sebenarnya rambut rontok adalah hal yang wajar, tetapi jika terjadi antara 50-100 helai rambut per hari. Jika lebih dari itu Anda harus waspada. Rambut rontok yang serius atau alopecia bisa jadi tanda bahwa ada sesuatu yang salah dengan tubuh.

Berikut beberapa penyebab kebotakan muncul di usia muda yang perlu diwaspadai.

1. Stres

Stres bisa menyebabkan kebotakan pada laki-laki di usia muda. Stres kronis akan mengacaukan sekaligus menyebabkan ketidakseimbangan pada hormon-hormon yang mengakibatkan penipisan rambut.

2. Kekurangan Nutrisi

Kurang asupan protein membuat tubuh menyimpan protein yang tersedia untuk keperluan lain sehingga membuat rambut kehilangan nutrisinya. Nutrisi sangat penting untuk pertumbuhan rambut. Karena rambut terdiri dari protein yang disebut keratin.

3. Gejala Penyakit

Kebotakan bisa terjadi karena gejala suatu penyakit. Salah satunya ALS, yaitu penyakit pada sel-sel saraf di otak dan sumsum tulang belakang yang mengontrol gerakan otot.

4. Merokok

Nikotin yang terkandung dalam rokok bisa mempersempit pembuluh darah, sehingga mengurangi pertumbuhan rambut dan mengurangi nutrisi untuk rambut.

5. Minum-minuman Beralkohol

Alkohol bisa menyerap zat besi di dalam tubuh dan menghambat penyerapan zinc. Alkohol juga menyebabkan dehidrasi dan menghalangi tubuh menyerap nutrisi penting. Karena seperempat rambut mengandung air, alkohol yang berlebihan akan selalu membuatnya rapuh.

Itulah lima hal yang memicu kebotakan di usia muda. Hindari penyebab kebotakan di atas dengan pola dan gaya hidup sehat. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rochmat Shobirin

Komentar

Registration