Peristiwa Daerah

Warga Sabang Bertekad Menangkan Jokowi Dua Periode

Rabu, 08 Agustus 2018 - 14:32 | 50.83k
Deklarasi Serentak Empat Daerah Terluar Untuk Jokowi 2019. (FOTO: Hasbullah/TIMES Indonesia)
Deklarasi Serentak Empat Daerah Terluar Untuk Jokowi 2019. (FOTO: Hasbullah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Warga di ujung barat Indonesia, tepatnya di Sabang, Daerah Istimewa Aceh, menyatakan dukungannya kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) pada Pilpres 2019. Dukungan disampaikan melalui Deklarasi Empat Daerah Terluar Nusantara itu berlangsung di Titik Kilometer Nol Indonesia, Rabu 8 Agustus 2018.

Acara yang digagas relawan Jokowi yang tergabung dalam Arus Bawah Jokowi (ABJ) tersebut dihadiri para masyarakat, tokoh warga sekitar, simpatisan dan relawan Jokowi dari berbagai elemen. Deklarasi mengusung tema "Terimakasihku Untukmu Jokowi" dan mendukung penuh Presiden Jokowi memimpin kembali untuk kedua kali.

"Dukungan ini tentunya karena masyarakat di sana merasakan perubahan atas program kerja serta kebijakan Nawacita Presiden Jokowi," kata Dewan Pimpinan Pusat Arus Bawah Jokowi, Michael Umbas, dalam keterangan tertulisnya, Rabu (8/8/2018).

Umbas menyatakan, Sabang merupakan daerah terluar Indonesia, yang mana juga menjadi prioritas pemerintahan di era Kabinet Kerja Jokowi. Hal ini terlihat dengan adanya pembangunan infrastruktur serta aksestabilitas di kawasan tersebut.

Ia menyinggung belum genap setahun pemerintahan sejak dilantik, Jokowi sudah menyambangi Sabang, Aceh. Tepatnya pada Selasa 10 Maret 2015. Saat itu, di Titik Nol Kilometer Sabang, Presiden Jokowi mencanangkan gerakan nasional 'Ayo Kerja'‎. Gerakan yang ditekankan bukan sekedar slogan, melainkan pergerakan.

Jokowi, lanjut Umbas, memiliki keyakinan dan optimisme yang sama Bung Karno, Bapak Bangsa dan Proklamator Kemerdekaan Indonesia. Pergerakan mendobrak mentalitas bangsa yang berada dalam keterjajahan, ketertindasan, ketidakadilan, ketidakmerdekaan serta membangun mentalitas baru sebagai bangsa yang merdeka 100 persen. Hal itulah dasar dari revolusi mental.

"Dari Sabang, Presiden mencanangkan Kapsul Waktu yang diarak ke 34 propinsi di Indonesia dan berakhir di Merauke Papua untuk Indonesia yang berkemajuan ke depan," ucap Umbas.

Lalu, pada pidato kenegaraan, 16 Agustus 2017 lalu di Gedung DPR/MPR/DPD RI Senayan, Presiden Jokowi juga menekankan hal penting mengenai pembangunan di daerah terluar. Dimana ditegaskan bahwa semua rakyat Indonesia bersaudara dan bisa menjadi negara maju jika semua saling bersatu. 

Indonesia akan menjadi bangsa maju yang diperhitungkan oleh bangsa-bangsa lain di dunia apabila memiliki daya saing. "Presiden Jokowi sudah mengunjungi Sabang, untuk menyapa warga, sekalian memantau sendiri progres pembangunan disana," tambah Umbas.

Melalui deklarasi "Terimakasihku Untukmu Jokowi", lanjut dia, menunjukkan bahwa masyarakat di Aceh, khususnya Sabang beriktikad memenangkan Jokowi di kontestasi pilpres agar program pembangunan di sana terus berlanjut.

Ekspresi dukungan ini juga bukan cuma dari Sabang. Menurut Umbas, ada tiga titik penjuru negeri yang melakukan aktifitas serupa. Yakni di Miangas, Rote dan Merauke. Semuanya adalah daerah terdepan Indonesia.

"Deklarasi ini adalah momentum historis, sekaligus membanggakan. Di mana rakyat di empat daerah yang jadi ujung penjuru negeri, sepakat mendaulat kembali Jokowi," ujar Umbas.

Sebagaimana yang telah direncanakan, deklarasi dukungan terhadap Jokowi dua periode di empat daerah tersebut akan mengedepankan kearifan lokal serta budaya setempat. Konsep ini menekankan keberagaman yang terikat Bhineka Tunggal Ika. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES