Pendidikan UIN Malang

UIN Malang Raih Peringkat 1 Nasional Pengelolaan Kampus BLU

Selasa, 07 Agustus 2018 - 19:32 | 101.02k
Menag Lukman Hakim Saifuddin saat rakor KPA di Kantor Kemenag RI Jakarta. (FOTO: Kemenag for TIMES Indonesia)
Menag Lukman Hakim Saifuddin saat rakor KPA di Kantor Kemenag RI Jakarta. (FOTO: Kemenag for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Prestasi membanggakan diraih UIN Malang (Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang). Kampus ini meraih peringkat 1 kampus dengan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum 2016-2017 tingkat nasional.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin pun memberi penghargaan kepada UIN Malang yang diterima langsung oleh Rektor UIN Malang Prof Dr Abdul Haris. Penghargaan doberikan usai Rapat Koordinasi Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) Kemenag RI Tahun 2018, di Jakarta (7/8/2018).

UIN Malang meraih predikat terbaik di bidang pengelolaan kampus BLU. Dalam kesempatan tersebut Lukman juga memberikan penghargaan kepada Pimpinan Tingkat Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran Eselon I dan Tingkat Unit Akuntansi Pembantu Pengguna Anggaran Wilayah serta Duta BMN Teladan dan Duta Teladan. 

Pemberian penghargaan ini disaksikan oleh seluruh peserta rakor. Yakni terdiri dari seluruh Kepala Kanwil Kemenag, para rektor UIN dan IAIN, ketua PTKN, pejabat eselon I dan II di lingkungan Kemenag. Tampak hadir pula Ketua Komisi VIII DPR RI Ali Taher, pejabat Eselon I, ketua BPKH, ketua Baznas, Staf Ahli dan Staf Khusus Menteri.

UIN-Penghargaan.jpg

Menag Lukman Hakim dalam sambutannya mengingatkan bahwa jangan sampai lembaga di bawah Kemenag menjadi bagian orang-orang dzalim. Misalnya, karena satu dan lain hal, kemudian dana-dana yang sejatinya untuk masyarakat tidak bisa diekseskusi.

"Nah bila kita mampu memaknai dan memberikan ruh dalam kegiatan yang dilakukan itu,  maka tindakan koruptif tidak akan pernah dilakukan," tandas Lukman Hakim.

Karena itu, sambung Lukman, penyelenggaraan Rapat Koordinasi KPA Kementerian Agama Tahun 2018  ini, merupakan salah satu strategi penting dalam upaya pencapaian kinerja pelaksanaan program dan anggaran sesuai yang diharapkan.

"Rakor ini juga sebagai evaluasi sehingga sejak sekarang sudah bisa kita prediksi dan antisipasi kira-kira tingkat penyerapan seperti apa kedepannya," ujarnya.

KPA di institusi Kemenag menyandang fungsi mediator, fasilitator dan jembatan bagaimana dana negara disalurkan kepada rakyat. "Saya berharap rakor betul-betul bisa melihat kemungkinan realiasainya, KPA tidak sekadar fokus kepada anggaran yang dikuasi namun memiliki perspektif yang lebih luas," tandas Lukman.

Dalam kesempatan tersebut Menag memberikan penghargaan kepada seju.lah pimpinan lembaga. UIN Malang meraih peringkat 1 kampus dengan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum 2016-2017 tingkat nasional. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES