Tekno

Tak Lagi Datar, Google Rilis Maps 3D Berbentuk Bulat

Tak Lagi Datar, Google Rilis Maps 3D Berbentuk Bulat Google Maps, 3D Berbentuk Globe. (FOTO: Istimewa/TIMES Indonesia)
Selasa, 07 Agustus 2018 - 02:16

TIMESINDONESIA, JAKARTAGoogle Maps merilis beberapa pembaruan untuk meningkatkan pengalaman pengguna menjajal peta digital. Misalnya saja, penambahan status baterai pada fitur “location sharing”, serta rekomendasi restoran yang dianggap cocok dengan pengguna.

Menutup pekan ini, Google Maps merilis tampilan barunya. Jika biasanya pengguna melihat peta dalam dua dimensi (2D), kini sudah dalam tiga dimensi (3D) atau disebut “3D Globe Mode”.

Laman The Verge menginformasikan Google Maps hingga saat ini menggunakan proyeksi Mercator sehingga tampilan planet di aplikasi terlihat datar. Setelan ini memudahkan tampilan peta di layar dan menjadi tampilan standar aplikasi peta.

Dengan proyeksi ini, objek yang berada di sekitar khatulistiwa akan berada dalam skala yang relatif, sementara objek yang berada lebih dekat ke kutub akan terlihat lebih besar. 

Contohnya, di peta yang menggunakan Mercator, Greenland terlihat lebih besar dari Afrika. Padahal, kenyataannya, Afrika 14 kali lebih besar dari Greenland.

Untuk sementara, Google Maps 3D Globe Mode cuma tersedia untuk akses dekstop. Belum jelas kapan bakal dibawa pula ke aplikasinya. Kita tunggu saja. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Antara News

Komentar

Registration