Kesehatan

Waspadai, Ini Bahaya yang Ditimbulkan Kulit Kering

Selasa, 07 Agustus 2018 - 04:09 | 240.31k
ILUSTRASI. (FOTO: Hello Sehat)
ILUSTRASI. (FOTO: Hello Sehat)

TIMESINDONESIA, JAKARTAKulit kering adalah keadaan di mana lapisan terluar kulit kekurangan cairan yang menyebabkan kelembapan kulit menurun. Masalah kulit kering bisa menyerang siapa saja. Paling sering menyerang bagian tubuh yang terbuka. Selain tidak nyaman, kulit kering tentunya juga bisa membuat Anda kurang percaya diri. Bahkan, kulit kering juga berbahaya. Apa saja bahaya kulit kering?

Kulit yang kering menandakan kulit yang tidak sehat dan sistem perlindungannya pun menurun. Kondisi kulit kering yang dibiarkan dalam waktu yang lama bisa menimbulkan dan mengindikasikan beberapa masalah kulit dan tubuh lainnya. Berikut adalah 6 bahaya kulit kering yang perlu Anda waspadai.

1. Merusak Penampilan

Kulit wajah kering akan menjadi kaku, kasar, bahkan bersisik. Make up yang digunakan pada kulit wajah kering juga lebih sulit untuk terserap. Kulit pun jadi terlihat lebih kusam dan tentunya keadaan ini sulit untuk ditutupi bahkan dengan menggunakan make up.

2. Menimbulkan Rasa Gatal

Bahaya kulit kering selanjutnya adalah timbulnya rasa gatal yang sangat hebat. Kulit yang kering akan sangat mudah meradang dan menimbulkan reaksi gatal pada kulit. Ketika kita menggaruk bagian kulit yang gatal, kulit bukannya menjadi tenang tapi rasa gatal tersebut justru semakin lama semakin kuat. Tanpa sadar kita pun terus menggaruk kulit hingga terjadi iritasi pada kulit.

3. Kulit Menjadi Lebih Sensitif

Kulit kering sangat rentan terhadap gesekan. Kulit jadi mudah mengalami iritasi bahkan dengan gesekan yang sedikit kasar saja. Terjadinya iritasi pada kulit akibat gesekan tidak hanya akan menimbulkan rasa sakit tapi juga bisa meninggalkan luka di kulit berupa hiperpigmentasi pada kulit.

4. Gejala Penuaan Muncul Lebih Cepat

Gejala-gejala penuaan seperti keriput dan garis halus di wajah lebih mudah terlihat pada kulit kering. Hal ini terjadi akibat kulit kering yang kehilangan elastisitas dan kekenyalannya. Jika dibiarkan terus menerus maka gejala penuaan akan semakin terlihat dan semakin sulit untuk disamarkan.

5. Indikasi Kanker Kulit

Kondisi kulit kering bisa menandakan adanya kanker kulit. Biasanya pada penderita kanker kulit, kulit yang kering juga akan dibarengi dengan munculnya bercak yang tebal dan kasar pada kulit. Jika tergores atau terbentur, bercak tersebut bisa mengeluarkan darah.

Kondisi kulit kering bisa diatasi dan dicegah. Anda bisa mengatasi masalah kulit ini dengan kebiasaan sederhana yang dilakukan sehari-hari. Anda bisa menggunakan pelembab setiap hari hingga ke seluruh tubuh. Gunakan sunscreen untuk melindungi kulit dari sinar UV dengan menggunakan sunscreen setiap keluar rumah. Perbanyak juga minum air putih agar kulit tidak dehidrasi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES