Kesehatan

Benarkah Cuaca Dingin Sebabkan Perut Mulas?

Sabtu, 04 Agustus 2018 - 05:03 | 532.87k
ILUSTRASI. (FOTO: Lifestyle - Analisadaily)
ILUSTRASI. (FOTO: Lifestyle - Analisadaily)

TIMESINDONESIA, JAKARTACuaca dingin sering dikaitkan menyebabkan gangguan kesehatan. Yang paling sering dikaitkan dengan dingin adalah demam dan flu. Namun, tak jarang ada yang mengatakan cuaca dingin menyebabkan perut mulas. Pernahkah Anda mengalami hal ini? Benarkah suhu dingin bisa menyebabkan perut mulas?

Menurut pakar kesehatan, seperti dilansir dari Dokter Sehat, suhu udara yang dingin sebenarnya tidak akan menyebabkan perut mulas atau bahkan diare. Hanya saja, sebagaimana kita ketahui, kondisi psikologis seseorang bisa ikut mempengaruhi kondisi kesehatan fisik, termasuk menyebabkan sensasi mulas. Sebagai contoh, ada orang yang cenderung lebih stres saat hujan atau bahkan mulas saat gugup atau grogi sebelum melakukan presentasi.

Contoh lain dari kondisi psikologis yang bisa mempengaruhi kesehatan kita adalah sulitnya untuk buang air besar saat berada jauh dari rumah. Bahkan, meskipun perut sudah berada dalam kondisi tidak nyaman, tetap saja kita kesulitan untuk buang air besar saat berada di toilet yang ada di dalam hotel atau tempat bersih lainnya.

Jika secara psikologis kita juga percaya bahwa suhu dingin bisa memicu perut mulas, maka kita pun akan cenderung mudah mengalami gejala ini saat suhu udara semakin menurun. Online Сasino Sverige & Casinobonusar

Melihat adanya fakta ini, bisa dipastikan bahwa suhu dingin tidak memicu perut mulas. Hanya saja, jika kita tetap saja mengalaminya saat suhu udara menurun, maka hal ini juga tidak perlu dikhawatirkan asalkan tidak menyebabkan efek kesehatan lainnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES