Peristiwa Daerah Ketahanan Informasi Desa

Penyiraman Malam Beton TMMD Cegah Crack

Sabtu, 04 Agustus 2018 - 04:14 | 15.37k
Peltu Siwiyono bersama Kades Pasegeran menyiram rabat beton di malam hari (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Peltu Siwiyono bersama Kades Pasegeran menyiram rabat beton di malam hari (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Desa

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARA – Malam hari adalah waktu yang sangat tepat untuk menyiram rabat beton, karena pada kondisi ini pendinginan alami terjadi dari udara pegunungan sehingga jika ditambahkan air siraman akan lebih maksimal.

Untuk itulah warga dibantu Satgas TMMD melaksanakan lembur malam dengan penyiraman rabat beton di beberapa titik yang dinilai kurang maksimal, untuk selanjutnya diselimuti kembali dengan semen adonan.

Kades Pasegeran Aris Winarno dibantu Peltu Siwiyono, memimpin langsung lembur dengan menyiram menggunakan compressor water pump multifungsi menggunakan air yang diangkut pick up. Sedangkan kesibukan lainnya adalah menyelimuti beton tersebut dengan semen yang dilakukan oleh Supardi (45) baju putih asal Karanggondang Rt. 1 Rw. 3 Desa Pasegeran serta warga lainnya dibantu Kopda Herbabulun.

Ini semua guna dilakukan guna mencegah crack pada beton dimaksud. Beruntung di lokasi TMMD Reguler 102 Banjarnegara tidak terjadi hujan dalam sebulan ini, musim kemarau sangat membantu pekerjaan Satgas dan warga, namun terik matahari over juga dikhawatirkan menjadi penyebab beton mengalami keretakan.

“Untuk mengantisipasi crack pada beton, kami bersama TNI juga melaksanakan penyemprotan malam serta menyelimuti ulang pada titik beton yang kurang maksimal.” Terang Kadesa Aris. 

Diketahui umur beton yang baik untuk digunakan adalah 2 minggu, sehingga mengantisipasi warga melewatinya, juga dilakukan penutupan jalan di titik nol dan titik akhir jalan sepanjang 1,1 kilometer tersebut dengan menggunakan portal dari bambu dan rantai. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES