Peristiwa Daerah

Embun di Kawasan Bromo Membeku, Seperti Ini Suasananya

Jumat, 03 Agustus 2018 - 14:14 | 233.27k
Subscribe TIMES TV KLIK

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Ada fenomena menarik di kawasan Gunung Bromo di musim ini. Suhu dingin di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) dalam beberapa pekan terakhir, membuat embun di kawasan Bromo langsung membeku. 

Fenomena ini beberapa kali diabadikan Ahmad Subhan, Kepala Pos Pengamatan Gunung Bromo, lewat video yang diunggah di YouTube. 

Dalam video berdurasi 51 detik yang diterima TIMES Indonesia dari Subhan, terlihat rumput dan ilalang di sekitar Pos Pengamatan Gunung Bromo, daunnya memutih tertutup embun yang beku.

Pos pengamatan ini, berjarak sekitar 3 kilometer dari puncak kawah Gunung Bromo. Tepatnya di atas dinding kaldera lautan pasir, yang disebut dengan kawasan mentigen.

Berdasarkan catatan pos pengamatan, suhu di kawasan mentigen berada di angka 2° celcius. "Di lautan pasir dan kawah, suhunya lebih rendah 2-4° Celcius," kata Subhan. Di kawasan lautan pasir seluas 5 hektar lebih itu, suhu udara berada di bawah 0° Celcius.

Dalam video yang diambil Jumat (3/8/3018) itu, lautan pasir Gunung Bromo terlihat putih kebiru-biruan. "Sebagian besar lautan pasir embunnya membeku," ujar pria yang biasa disapa Aan tersebut. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Probolinggo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES