Peristiwa Daerah

Din Syamsuddin: Capres dan Cawapres Harus Cerdas

Jumat, 03 Agustus 2018 - 13:25 | 39.88k
Mantan Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsuddin saat ditemui di UMM Kota Malang. (FOTO: Imadudin M/Times Indonesia)
Mantan Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsuddin saat ditemui di UMM Kota Malang. (FOTO: Imadudin M/Times Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Mantan Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsuddin turut angkat bicara terkait sosok calon pemimpin bangsa. Din mengungkapkan pemimpin yang ideal harus cerdas dan mampu membawa inspirasi umat Islam.

"Pesan saya jangan terjebak ke dalam hitam dan putih. Karena yang hitam belum tentu hitam, begitu pula sebaliknya," kata Din saat ditemui usai mengisi materi dalam Muktamar Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), di Universitas Muhammadiyah Malang Kota Malang, Jawa Timur, Jumat (3/8/2018).

Din yang juga Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia (MUI) menjelaskan setiap manusia memiliki dua sisi yang berlawanan yakni sisi positif dan sisi negatif. Tapi yang harus diingat, setiap manusia memiliki peluang untuk berubah.

"Saya melihat dari dua kubu capres, Jokowi dan Prabowo, semuanya memiliki potensi untuk memimpin bangsa dan Islam," tambahnya.

Din juga berharap pada para ulama bisa memberikan pencerahan tentang ini. Meski setiap ulama memiliki cenderung yang berbeda, para ulama juga diimbau untuk tidak berkonflik dan memberikan penilaian yang absolut.

"Berbeda itu wajar, yang penting jangan berkonflik," tegasnya.

Mantan Ketua PP Muhammadiyah Din Syamsuddin juga menyampaikan kapasitas kepemimpinan nasional itu, harus bisa mempersatukan bangsa yang majemuk ini, atas dasar agama, suku, bahasa, dan budaya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES