Ekonomi

Bank Indonesia Dorong Regional Sumatera sebagai Islamic Economic Hub

Kamis, 02 Agustus 2018 - 20:18 | 23.71k
(FOTO: Bank Indonesia)
(FOTO: Bank Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTABank Indonesia akan mendorong Regional Sumatera sebagai Islamic Economic Hub untuk mendukung pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

Menurut Deputi Gubernur Bank Indonesia, Rosmaya Hadi, hal itu sejalan dengan posisi wilayah Sumatera yang merupakan pintu gerbang perdagangan Nusantara dengan negara lain, sehingga dapat mendukung upaya pengembangan ekonomi, khususnya ekonomi berbasis syariah. 

"Ekonomi dan keuangan syariah mempunyai potensi besar sebagai sumber pertumbuhan ekonomi baru maupun memperbaiki struktur neraca transaksi berjalan," kata Rosmaya dalam pembukaan FESyar Regional Sumatera 2018 dengan tema “Mendorong Regional Sumatera sebagai Islamic Economic Hub melalui Implementasi Business Linkage” di Bandar Lampung, Kamis (2/8/2018).

Rosmaya menekankan, strategi pengembangan ekonomi syariah harus bersifat komprehensif dan end to end. "Dalam rangka mendukung hal tersebut, Bank Indonesia merumuskan tiga pilar yang menjadi strategi utama pengembangan ekonomi dan keuangan syariah yang membutuhkan kolaborasi kuat dengan berbagai otoritas terkait," ujarnya. 

Pertama, katanya, pilar pemberdayaan ekonomi syariah. Pilar ini menitikberatkan pada pengembangan sektor usaha syariah dengan penguatan halal value chain. Program ini dilaksanakan pada 4 sektor unggulan yaitu sektor industri makanan halal dan halal fashion, sektor pariwisata halal, sektor pertanian dan sektor renewable energy

Kedua, pilar pendalaman pasar keuangan syariah. pilar ini adalah merefleksikan upaya peningkatan manajemen likuiditas dan pembiayaan syariah. 

Ketiga, pilar riset, asesmen, dan edukasi ekonomi dan keuangan syariah. "Dalam pilar ini dilakukan melalui berbagai bentuk program edukasi dan sosialisasi untuk meningkatkan pemahaman masyarakat," imbuhnya.

Untuk diketahui, kegiatan FESyar upaya Bank Indonesia untuk mengakomodasi kontribusi nyata pihak-pihak yang terlibat di dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah. Baik pesantren, UMKM maupun lembaga terkait untuk mendukung sektor industri halal. Acara tersebut juga mengangkat kegiatan sosialisasi dan edukasi serta optimalisasi Islamic Social Finance melalui penyelenggaraan seminar.

Adapun kegiatan FESyar Regional Sumatera 2018 kalio ini adalah salah satu langkah implementasi yang dilakukan Bank Indonesia untuk mewujudkan tiga pilar strategi utama pengembangan ekonomi dan keuangan syariah.

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : Bank Indonesia

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES