Peristiwa Daerah Ketahanan Informasi Desa

Satgas TMMD Kodim Banjarnegara Tularkan Tradisi "Tos Kopi"

Kamis, 02 Agustus 2018 - 20:06 | 41.10k
Prada Hendrawangsah Tos Kopi dengan Endri Warga desa Pasegeran (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
Prada Hendrawangsah Tos Kopi dengan Endri Warga desa Pasegeran (FOTO: AJP/TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Desa

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARA – Endri (20) tukang bengkel asal Dusun Karanggondang Rt. 2 Rw. 5 Desa Pasegeran Kecamatan Pandanarum, adalah salah satu warga yang di kenalkan kebiasaan anggota Satgas TMMD Kodim Banjarnegara dalam memacu semangat dan menumbuhkan kebersamaan.

“Tos kopi” adalah cara unik yang ditularkan Prada Hendrawangsah, Satgas TMMD dari Yonif 405 Surya Kusuma. Di warung milik Reni (43) tetangga Endri, mereka menggunakan jam istirahat malam untuk menjalin rasa kebersamaan dan kekeluargaan melalui minum kopi sambil membahas pekerjaan besok pagi di lokasi rabat beton 1,1 kilometer.

Disamping itu juga terjadi transfer ilmu teori tentang cara membongkar karburator yang disampaikan Endri.

Sinergitas dan rasa gotong royong antara TNI dan warga ini, dapat terwujud karena etos kerja dengan rasa kekeluargaan yang tinggi, keinginan kuat warga yang sudah lama mendambakan jalan yang layak. Sehingga etos kerja tersebut menjadi energi tersendiri selama berlangsungnya TMMD.

Banyak cara yang dapat dilakukan dalam menciptakan kebersamaan dengan warga, yang salah satunya adalah dengan tos kopi yang merupakan budaya kebaratan. Asalkan bersifat positif pasti akan dikenang dan melekat di hati warga sasaran TMMD Kodim Banjarnegara. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES