Gaya Hidup

Wah, Makanan Ini Penting untuk Menjaga Kesehatan Kuku

Wah, Makanan Ini Penting untuk Menjaga Kesehatan Kuku Ilustrasi - Kesehatan Kuku (FOTO: prelo)
Kamis, 02 Agustus 2018 - 03:26

TIMESINDONESIA, JAKARTAKesehatan kuku sering diabaikan bagi sebagian orang. Padahal, kuku juga bisa menjadi tempat berkembangnya bakteri penyebab penyakit. Jika tidak terawat, kuku juga dapat menjadi rapuh. Untuk menjaga kesehatan kuku Anda bisa mengonsumsi makanan tertentu. Seperti dilansir dari Klik Dokter, berikut makanan yang bisa menjaga kesehatan kuku.

1. Edamame
Kedelai menyediakan sistein, yakni asam amino yang diperlukan untuk produksi keratin protein sebagai salah satu penguat kuku Anda. Libby Mills, ahli diet yang berbasis di West Chester, Pennsylvania, menjelaskan bahwa edamame adalah sumber folat yang baik dan diperlukan untuk memproduksi sel kuku baru.

2. Telur
Telur adalah salah satu sumber makanan terbaik yang mengandung biotin dan vitamin B, sehingga ampuh mendorong produksi protein dalam matriks kuku, jaringan yang menghasilkan sel kuku. "Biotin telah terbukti meningkatkan ketebalan kuku dan mencegahnya menjadi rapuh," kata Mills.

3. Kacang Mede
Kaya akan zat besi, kacang mede diperlukan untuk pembelahan sel dan sintesis protein yang sangat penting untuk kuku. Konsumsi kacang mede dapat dilakukan sebagai upaya untuk menjaga kuku Anda tetap berkilau dan kuat.

4. Ubi
Ubi yang mengandung vitamin A membantu sel-sel kuku bereproduksi dengan benar. Ketika Anda tidak mendapat cukup vitamin A, kuku akan terasa lebih rapuh dan menimbulkan munculnya tonjolan vertikal yang membelah serta retak pada kuku.

5. Paprika Kuning
Penting bagi Anda untuk mengonsumsi paprika kuning yang kaya vitamin C untuk menjaga kuku tetap kuat dan sehat. Satu paprika kuning besar sanggup menyediakan empat kali jumlah vitamin C harian yang disarankan.

Jaga kesehatan kuku dengan mengonsumsi berbagai makanan di atas. Selain itu, biasakan jalani pola hidup sehat seperti makan teratur, rajin olahraga, dan hindari kebiasaan buruk seperti merokok dan minum alkohol. (*)

Jurnalis : Tria Adha
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

Komentar

Registration