Indonesia Positif

Jusuf Kalla akan Hadiri Upacara Hari Pramuka di Cibubur

Selasa, 31 Juli 2018 - 18:29 | 117.49k
Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault saat bertemu Kak Jusuf Kalla (JK) di Istana Wakil Presiden (Wapres). (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Ketua Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka Adhyaksa Dault saat bertemu Kak Jusuf Kalla (JK) di Istana Wakil Presiden (Wapres). (FOTO: AJP TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pada 14 Agustus 2018 mendatang, seluruh Pramuka di Tanah Air akan mengadakan upacara peringatan hari kelahiran organisasi tunas kelapa ini yang ke-57. Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka sendiri akan memperingati hari Pramuka dengan melakukan upacara di Bumi Perkemahan Pramuka, Cibubur, Jakarta Timur. 

Wakil Ketua Kwarnas Bidang Organisasi dan Hukum Kodrat Pramudho mengatakan, seluruh rangkain kegiatan Hari Pramuka sudah dilaporkan kepada Wakil Presiden Jusuf Kalla pada pertemuan Kwarnas yang dipimpin Kak Adhyaksa Dault di Istana Wapres, Jumat (27/7). Dari pertemuan itu, Jusuf Kalla menyatakan siap hadir, bila Presiden Joko Widodo berhalangan. 

"Dalam pertemuan kemarin Wapres Jusuf Kalla juga mengatakan siap hadir, jika Presiden Joko Widodo selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka berhalangan untuk hadir," ujar Kodrat, Senin (30/7/2018).

Peringatan Hari Pramuka tingkat nasional juga akan dihadiri para anggota Mabinas, gubernur selaku ketua Mabida, ketua Mabicab se-Jabotabek, seluruh ketua Kwarda dan andalan nasional serta duta besar negara sahabat utamanya negara ASEAN. "Ketua WOSM yang berkedudukan di Kuala Lumpur Malaysia dijadwalkan akan hadir pada acara peringatan Hari Pramuka ke 57 ini," ungkapkannya.

Kwarnas sendiri sudah berkirim surat ke Istana meminta kesediaan Presiden Jokowi untuk menghadiri peringatan  upacara Hari Pramuka. Namun sejauh ini memang belum ada keputusan dari Istana tentang siapa yang akan ditugaskan dalam peringataan upacara  Hari Pramuka. Kwarnas berharap Presiden bisa hadir di acara tersebut.

"Semua keputusan ada di Kamabinas. Jadi sebenarnya untuk Pembina Upacara Harpram, kita masih menunggu keputusan Kamabinas," ungkapnya. 

Peringatan Hari Pramuka kali ini akan diikuti  Pramuka dari wilayah Jabodetabek dengan jumlah 1000 peserta. Kegiatan juga akan diisi ritual tabur bunga di Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan, donor darah, dan bakti masyarakat.

Secara garis besar, peringatan Hari Pramuka tahun ini memang hampir sama dengan tahun lalu. Hanya saja kali ini tim pendukng Hari Pramuka ada dari pasukan Panji dari Kwarcab Serang Kwarda Banten, marching band dari SD Al Azhar Serpong Banten, petugas upacara dari Kwarda Jabar, dan pemimpin upacara dari Kwarda DKI Jakarta, korsik dari Dinas Pemadam Kebakaran DKI. Sedangkan atraksi Hari Pramuka dari Kwarda Banten.

Lalu ada juga rangkaian kegiatan lain yakni ulang janji yaitu acara ritual para Pramuka mengikat janji dengan mengucapkan Tri Satya Pramuka. 

"Perlu diketahui bahwa Hari Pramuka juga diperingati oleh semua jajaran Pramuka di seluruh jajaran tingkat Kwartir dari tingkat nasional sampai ranting. Serta Gudep dan perwakilan luar negeri," tandasnya.  (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES