Rabu, 19 Desember 2018
Glutera News Glutera News

11 Langkah Mematikan dalam Bisnis Network Marketing

11 Langkah Mematikan dalam Bisnis Network Marketing (FOTO: Gluteranews)
Jum'at, 27 Juli 2018 - 09:56

TIMESINDONESIA, JAKARTABisnis network marketing memberikan peluang sukses bagi siapa saja. Banyak orang-orang kaya di dunia yang merekomendasikan network marketing atau multi level marketing (MLM) bagi Anda yang ingin mewujudkan impian tapi tidak punya modal besar. 

Pengusaha kaya seperti Robert T Kiyosaki, Donald Trump, Bill gate, Paul Zane Pilzer, Franklin Covey dan masih banyak lagi merekomendasikan multi level marketing. Akan tetapi mengapa bisnis ini dipandang sebagai bisnis yang tidak mempunyai masa depan oleh sebagaian besar masyarakat Indonesia?

Berikut 11 Langkah Mematikan dalam Network Marketing

1. Tidak Mempelajari Marketing Plan Secara Mendalam
Banyak pebisnis network marketing yang langsung terjun tanpa mempelajari terlebih dahulu marketing plan yang diberikan oleh perusahaan bermitra. Langsung bergabung karena tergiur iming-iming yang ditawarkan oleh leader-leader.

2. Tidak Mempelajari Produk yang Dipasarkan
Mempelajari produk yang dipasarkan adalah sangat penting karena dengan mempelajari produk maka kita akan memahami target pasar yang akan dicari atau dituju. 

3. Tidak Melakukan Penelitian 
Perusahaan yang baru berdiri atau kurang dari 5 tahun perlu untuk di teliti terlebih dahulu. Hal ini penting karena kadang seorang leader menghabiskan banyak waktunya untuk bisnis tersebut, ketika perusahaan tiba-tiba tutup akan menimbulkan kerugian besar serta rasa frustasi bagi distributor yang bersangkutan.

4. Menganggap Jaringan Berkembang dengan Sendirinya
Banyak yang beranggapan bahwa dengan melakukan pembelian atau investasi dengan sejumlah uang, maka jaringan akan berkembang dengan sendirinya. Padahal untuk mengembangkan jaringan perlu adanya pelatihan-pelatian untuk pengembangan kepribadian, pengembangan leadership, kemampuan teknis, kemampuan menjual produk dan sebagainya.

5. Tidak Suka Presentasi dan Mengikuti Training
Presentasi dan mengikuti training adalah rutinitas penting yang harus dijalankan oleh pebisnis multi level marketing atau MLM atau bisnis network marketing. Melalui presentasi para leader memberikan pengarahan bagaimana bisa sukses dalam menjalankan bisnis.

6. Tidak Melakukan Pengembangan Kepribadian
Membangun networking atau jaringan pemasaran secara MLM adalah menjalin kerja sama dengan banyak orang. Untuk membangun hubungan yang baik ini setiap para pelaku perlu untuk selalu mengembangkan kepribadian. Pengembangan kepribadian akan memberikan peran besar bagi pertumbuhan jaringan dan semakin besar jaringan itu maka tantangan yang dihadapi juga akan semakin besar.

7. Tidak Menjadi Penggemar yang Baik
Lebih banyak bicara dari pada mendengarkan adalah hal yang salah karena apa yang kita bicarakan belum tentu disukai oleh prospek atau mitra kita. Dengan banyak bicara kita lebih menonjolkan diri sendiri dari pada orang lain sehingga kita tidak memahami apa yang mereka butuhkan dan diinginkan.

8. Memaksan Orang Lain untuk Bergabung
Karena semangat yang luar biasa dalam menjalankan bisnis, banyak pemain MLM yang memaksa orang lain untuk bergabung dengan melakukan penipuan-penipuan. Praktek-praktek seperti inilah yang membuat penilaian negatif terhadap MLM atau networkmarketing.

9. Berfokus pada Penjualan Pribadi
Belajar menjual produk adalah langkah awal yang perlu dipelajari oleh pemain MLM atau network marketing. Tanpa kemampuan menjual produk jaringan tidak akan tumbuh dan berkembang dengan pesat. Kemampuan menjual ini harus diajarkan kepada mitra-mitra yang ada dalam organisasi atau jaringan kita, karena penjualan adalah sumber income atau penghasilan perusahaan dalam pembayaran bonus. 

10. Tidak Melakukan Pembinaan Terhadap Jaringan
Mitra-mitra bisnis adalah aset dalam sebuah MLM atau network marketing. Penting bagi leader untuk mengembangkan mitra-mitra bisnisnya. Seorang leader harus menginvestasikan waktunya untuk memberikan pelatihan-pelatihan, arahan dan motiviasi bagi para mitra bisnisnya. 

11. Cepat Puas dengan Gaya Hidup yang Salah
Banyak yang jatuh di saat mereka dalam posisi atas, yang sering disebut dengan Leader atau Top Leader, karena gaya hidupnya. Gaya hidup jika diikuti terus tidak akan pernah cukup, yang benar adalah menunda kesenangan untuk kenikmatan jangka panjang.

Jika ingin menjalankan bisnis network marketing, perhatikan 11 hal di atas. Langkah yang tepat bisa membantu Anda meraih kesuksesan dalam bisnis ini. (*)

Jurnalis :
Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

Komentar

Registration