Politik

Refly Harun: Masa Jabatan Wakil Presiden Tak Perlu Dibatasi

Jumat, 27 Juli 2018 - 05:50 | 94.45k
Refly Harun (FOTO: Nasional Tempo.co)
Refly Harun (FOTO: Nasional Tempo.co)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun menilai masa jabatan wakil presiden tidak perlu dibatasi. Sebab, wakil presiden dalam teori ketatanegaraan yang dianut negara Indonesia bukan sebagai pemegang kekuasaan.

"Wapres itu tidak memegang kekuasan, (jadi) itu tidak terlalu penting untuk dibatasi, dalam konteks konstitusional ini maka tak perlu dibatasi," katanya dalam diskusi bertajuk 'Judicial Review bukan untuk menetapkan Cawapres' di Jakarta, Kamis (26/7/2018).

Menurut dia, peran wapres hanya sebagai pembantu presiden. Bahkan di awal-awal pemerintahan Indonesia, Pernah digagas tiga wakil presiden, namun seiring berjalannya waktu kemudian menjadi satu wakil presiden dibantu oleh menteri-menteri.

"(Dalam) UUD 45 pemegang kekuasan adalah presiden. Wapres dan menteri itu hanya membantu, tapi yang membedakan adalah wapres adalah pembantu khusus. Jadi kalau presiden berhalangan maka sang pembantu inilah yang akan menjadi presiden," katanya.

Selain itu, cara pemberhentian wapres dengan menteri pun berbeda, sebab wapres harus di- impeachment terlebih dahulu, jadi bukan hak prerogratif presiden.

"Memberhentikan (wapres juga) tidak sembarangan. Karena harus di-impeachtmen seperti presiden. Itu yang membedakan antara wapres dengan menteri," terangnya.

Sementara untuk posisi presiden, dia menilai bahwa sudah semestinya dibatasi. Sebab, presiden adalah pemegang kekuasaan dan amanah konstitusi juga mengamanahkannya.

"Presiden tetap dua periode menurut saya. Jadi tidak boleh lebih dari dua periode. Karena maksud pembatasan jabatan itu untuk pemegang kekuasaan," terangnya.

Sekedar informasi, Perindo dan Jusuf Kalla (JK) mengajukan permohonan uji materi Pasal 169 huruf n Undang-undang No 7 tahun 2017 tentang Pemilu soal persyaratan Capres dan Cawapres.

Dijelaskan dalam pasal itu, persyaratan menjadi calon presiden dan calon wakil presiden adalah belum pernah menjabat sebagai presiden atau wakil presiden, selama 2 (dua) kali masa jabatan dalam jabatan yang sama. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES