Peristiwa Nasional

Enam Parpol Ini Tak Lolos Ambang Batas Parlemen

Rabu, 25 Juli 2018 - 23:07 | 57.01k
(FOTO: SINDOnews)
(FOTO: SINDOnews)

TIMESINDONESIA, JAKARTALingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menyatakan enam parpol diperkirakan tidak lolos ambang batas parlemen (parliamentary threshold) sebesar 4 persen. 

"Perolehan suara 6 partai ini walaupun ditambah margin of error 2,8 persen tetap tidak lolos parliamentary treshold 4 persen. Sisa swing voters masih 16,6 persen. Tanpa usaha ekstra, 6 partai ini tak akan lolos PT di Pemilu 2019," demikian rilis hasil survei tersebut yang diterima Timesindonesia, Rabu (25/72018).

Keenam partai tersebut adalah Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Garuda, Partai Hanura, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), dan Partai Berkarya.

Semua partai tersebut, menurut hasil survei ini, elektabilitasnya nol koma. Dalam survei ini, keenam partai tersebut digolongkan sebagai Partai Gurem.

LSI Denny JA juga menyatakan ada empat partai lain yang juga berpotensi menyusul keenam partai di atas. Keempat partai tersebut adalah Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dipilih 3,8 persen responden. Menyusul Partai Persatuan Indonesia (Perindo) 3,1 persen; Partai Nasdem 3,0; dan Partai Amanat Nasional (PAN) yang hanya dipilih 2,1 persen responden. 

"Jika ditambah margin of error 2,8%, empat partai ini masih mungkin lolos parliamentary treshold 4 persen," seperti diungkap dalam survei itu.

Untuk diketahui, survei yang mengambil tema "Empat Isu Partai dan Ketua Umum: Sebelum dan Sesudah Pilkada Juli 2018" ini dilakukan mulai 29 Juni - 5 Juli 2018.

Adapun metodologi survei LSI Denny JA yang juga menyorot soal ambang batas parlemen ini menggunakan metode multistage random sampling dengan jumlah responden sebanyak 1200 orang. Wawancaranya, dilakukan dengan metode tatap muka menggunakan kuesioner. Sedangkan margin of error ditetapkan 2,9 persen. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES