Kesehatan

Awas! Kebiasaan Telat Makan Memicu Penyakit Ini

Minggu, 22 Juli 2018 - 06:23 | 24.98k
Ilustrasi - Risiko Telat Makan (FOTO: Kulina)
Ilustrasi - Risiko Telat Makan (FOTO: Kulina)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Aktivitas yang padat sering membuat orang melupakan waktu makan, akibatnya banyak yang telat makan. Tahukah Anda kebiasaan telat makan bukanlah hal sepele. Telat makan bisa memicu risiko penyakit, lho! Apa saja risiko telat makan untuk kesehatan tubuh?

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam International Journal of Cancer, seperti dilansir dari Vemale, menemukan bahwa kebiasaan telat makan bisa meningkatkan risiko dua penyakit kanker mematikan, yaitu kanker payudara dan kanker prostat.

Penelitian dilakukan pada tiga kelompok orang dengan mengamati pola makan dan gaya hidup mereka. Tiga kelompok tersebut mencakup 621 pasien kanker prostat, 1.205 pasien kanker payudara dan 2.193 orang yang tidak memiliki penyakit kanker sebagai kelompok kontrol.

Penelitian yang dilakukan ahli dari Barcelona Institute for Global Health ini menemukan bahwa mereka yang makan lebih awal memiliki 33 persen risiko lebih rendah mengalami kanker. Mereka yang makan malam sebelum jam 9 malam atau dua jam sebelum tidur, bisa menurunkan risiko penyakit kanker sebanyak 20 persen dibanding yang telat makan.

Bukan hanya kebiasaan makan saja yang meningkatkan risiko penyakit kanker, shift kerja malam juga mempengaruhi metabolisme tubuh sehingga bisa meningkatkan risiko kanker payudara.

Itulah risiko telat makan pada kesehatan tubuh. Jadi, lebih baik perhatikan waktu makan Anda mulai sekarang. Bukan hanya makan makanan sehat tapi juga makanlah dengan tepat waktu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES