Politik Rumah Wakil Rakyat 2019

Verifikasi KPU Bondowoso, Masih Banyak Bacaleg yang Belum Lengkap Administrasi

Sabtu, 21 Juli 2018 - 00:15 | 42.84k
Penyampaian hasil verifikasi oleh Komisioner KPU (Komisi Pemilihan Umum) Bondowoso, di kantor KPU. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Penyampaian hasil verifikasi oleh Komisioner KPU (Komisi Pemilihan Umum) Bondowoso, di kantor KPU. (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BONDOWOSO – Dalam penyerahan verifikasi kelengkapan dokumen Bacaleg, oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bondowoso, Jumat (20/7/2018), ternyata masih banyak Bacaleg yang belum lengkap administrasinya.

Saifullah, Komisioner KPU Divisi Teknis, mengatakan, bahwa hasil verifikasi KPU terhadap berkas Bacaleg, masih banyak ditemukan administrasinya TMS (Tidak Memenuhi Syarat).

Verifikasi-KPU-Bondowoso.jpg

“Seperti SKCK, Surat dari Pengadilan Negeri terkait, keterangan tidak terkena pidana juga banyak yang tidak ada,” sambung Syaiful. 

Selain itu, kata dia, masih banyak ijazahnya, yang belum dilegalisir, serta KTA juga banyak yang belum dilampirkan. Ditemukan juga, lanjut dia, yang di-scan oleh mereka Ijazah aslinya, bukan ijazah legalisir dari lembaga yang bersangkutan.

“Salah satu persyaratan jika tidak dipenuhi oleh Caleg, maka kita anggap TMS," tegasnya

Sementara itu, jelas Syaiful, jika ada salah satu dapil, Bacaleg perempuan yang TMS, lalu tidak diganti, maka satu dapil itu, akan hilang semua alias gugur. 

"Jika yang TMS di salah satu dapil, adalah laki-laki, tidak diganti atau diganti, juga tidak berpengaruh. Sebab, dalam aturan di PKPU, caleg perempuan harus 30 persen, tidak boleh ditawar," ungkapnya. 

Masih menurutnya, sampai saat penyerahan verifikasi dokumen, semua berkas caleg yang diajukan dari masing-masing parpol rata-rata masih TMS.

“Kita kawatir pada tanggal 31 Juli sampai 7 Agustus masih ditemukan berkas caleg yang yang TMS,  kita coret. Maka kita akan lakukan konfirmasi kepada parpol, bahwa dapil yang bersangkutan TMS dan silahkan diganti,” imbuhnya.

Lebih jauh dia menjelaskan, bahwa ketika berkas sudah dikembalikan nanti, pada Selasa (31/7), kekurangan berkas, soft copy silon (Sistem Informasi Online) sudah dipenuhi oleh masing-masing parpol.

“Sejatinya, supaya kita lebih mudah melakukan verifikasi perbaikan tahap demi tahapnya,” pungkasnya.

Sebanyak 16 parpol yang mendaftar, hanya dua parpol yang tidak hadir dalam verifikasi kelengkapan dokumen Bacaleg,  di KPU Bondowoso, yaitu partai Garuda dan partai Hanura. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Bondowoso

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES