Kesehatan

Wah, Bumbu Dapur Ini Bermanfaat untuk Kesehatan Lho!

Sabtu, 21 Juli 2018 - 05:13 | 39.96k
ILUSTRASI. (FOTO: Vemale.com)
ILUSTRASI. (FOTO: Vemale.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Bawang, siapa yang tak mengenal salah satu tanaman yang selalu ada dalam setiap masakan ini. Di samping sebagai bumbu masakan, hampir semua jenis bawang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Seperti dilansir dari Meet Doctor, berikut manfaat bawang yang perlu Anda ketahui.

1. Kaya Antioksidan  

Bawang mungkin tidak banyak mengandung vitamin dan mineral, tapi kaya akan antioksidan. Bawang memiliki kandungan senyawa anti inflamasi yang kuat. Lapisan terluar dari bawang merupakan antioksidan terbesar, lho.

2. Tingkatkan Kepadatan Tulang 

Sebuah studi yang mengamati wanita Kaukasia perimenopause dan pascamenopause berusia 50 dan yang lebih tua, menemukan hubungan antara konsumsi bawang dan kesehatan tulang.

Wanita yang mengonsumsi bawang merah lebih sering memiliki kepadatan tulang yang lebih baik. Selain itu, bawang merah juga dapat menurunkan risiko patah tulang pinggul lebih dari 20 persen dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah makan bawang.

3. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Inulin yang terkandung pada bawang adalah sejenis serat yang bertindak sebagai prebiotik. Di mana prebiotik berfungsi sebagai makanan untuk probiotik dan membantu mikroba baik.

Inulin juga membantu mencegah sembelit, memperbaiki regulasi gula darah, meningkatkan penyerapan nutrisi, dan mendukung kepadatan tulang yang sehat.

4. Menurunkan Kolesterol  

Sebuah penelitian dilakukan terhadap wanita yang kelebihan berat badan atau obesitas dengan sindrom ovarium polikistik. Dalam uji klinis terkontrol acak ini, pasien ditugaskan untuk diet tinggi bawang (terdiri dari bawang merah mentah) atau diet rendah bawang.

Setelah delapan minggu, para peneliti menemukan penurunan kadar kolesterol pada kedua kelompok, tetapi penurunan  lebih besar (termasuk penurunan kolesterol "jahat" LDL) terjadi pada orang yang makan bawang lebih banyak.

Penelitian lain melacak 24 wanita dengan kolesterol ringan dan menemukan bahwa mereka yang minum jus bawang setiap hari selama delapan minggu mengalami penurunan kadar kolesterol total.

Meski bawang memiliki bau yang menyengat, manfaat bawang untuk kesehatan tubuh tak bisa dianggap sepele. Meski memiliki manfaat, jangan berlebihan mengonsumsi bawang. Selain itu, selalu konsultasikan kondisi kesehatan Anda dengan dokter, ya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES