Peristiwa Daerah

Peringatan Hari Koperasi di Lamongan Berlangsung Luar Biasa

Jumat, 20 Juli 2018 - 15:52 | 81.79k
Produk-produk UKM Lamongan yang dijual di LA-Mart dalam Peringatan Hari Jadi ke-71 Koperasi, Jumat, (20/7/2018). (FOTO: Ardiyanto/TIMES Indonesia)
Produk-produk UKM Lamongan yang dijual di LA-Mart dalam Peringatan Hari Jadi ke-71 Koperasi, Jumat, (20/7/2018). (FOTO: Ardiyanto/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Peringatan Hari Koperasi tahun 2018 di Lamongan membuat kagum Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Propinsi Jawa Timur (Jatim).

“Tahun ini (Peringatan Hari Jadi ke-71 Koperasi) luar biasa,” ujar Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Propinsi Jawa Timur (Jatim) Mas Purnomo Hadi, Jumat, (20/7/2018).

Menurutnya, mulai dari pelaksaan expo yang dinilainya luar biasa. Pengunjung expo dikatakannya tidak pernah sepi. “Saya tahu daya beli masyarakat Kabupaten Lamongan cukup tinggi, Gresik tetangganya, Tuban, Bojonegoro itu juga antusias sekali berbelanja di expo ini,” ucapnya.

Berbagai-Produk-2.jpg

Praktis, berjubelnya pengunjung bisa meningkatkan omzet bagi masing-masing UMKM atau Koperasi yang mempromosikan produknya di expo, sehingga para pelaku UMKM dan Koperasi merasa ada manfaat dengan adanya expo ini.

“Mudah-mudahan sangat berguna dan bermanfaat untuk menambah volume usaha dan meningkatkan produksi dari UMKM maupun Koperasi tersebut,” katanya.

Peringatan Hari Jadi ke-71 Koperasi se-Jatim yang di pusatkan di Lamongan ini juga terasa istimewa dengan diperkenalkannya LA-Mart yang menjalankan transaksi tanpa menggunakan uang tunai.

“Di Lamongan dalam rangka mempercepat proses pembayaran tanpa harus membawa uang tunai itu dilakukan oleh Bupati Lamongan (Fadeli) melalui LA-Mart,” tutur Mas Purnomo.

Apalagi, produk-produk yang dijual di LA-Mart merupakan produk-produk asli Kabupaten Lamongan. “Semua produk UMKM bukan produk pabrikan, ini kan luar biasa. Ini yang menjadikan perbedaan perayaan Hari Koperasi dari tahun-tahun sebelumnya,” katanya.

Berbagai-Produk-3.jpg

Tak hanya itu, sambung Mas Purnomo, di momen ini juga dilakukan launching e-penkes. E-penkes merupakan penilaian kesehatan koperasi yang dijalankan dengan menggunakan aplikasi berbasis android oleh Dinas Koperasi dan UKM Propinsi Jatim.

“Ini juga mempercepat proses penilaian kesehatan yang diminta oleh suatu Koperasi untuk melihat sejauh mana kesehatan koperasi, dari sisi laporan keuangannya, maka bisa mengisi dari aplikasi di handphone,” ujarnya.

Lebih jauh, Mas Purnomo menambahkan, dengan aplikasi tersebut, koperasi akan bisa mengetahui, berada ditingkatan mana kesehatan koperasinya. “Disitulah kami akan menerbitkan keputusan mereka tergolong kategori sehat, kurang sehat atau tidak sehat,” ucapnya disela sela melihat pameran UMKM dalam Peringatan Hari Jadi ke-71 Koperasi tahun 2018 di Lamongan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Lamongan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES