Glutera News

Awas! Meski Terkesan Sehat, Anda Bisa Kekurangan Nutrisi Akut

Jumat, 20 Juli 2018 - 16:06 | 38.01k
(FOTO: Gluteranews)
(FOTO: Gluteranews)

TIMESINDONESIA, JAKARTAKurang gizi (malnutrisi) merupakan gangguan kesehatan serius yang terjadi ketika tubuh tidak mendapat asupan nutrisi yang cukup. Padahal, nutrisi ini sangat penting agar tubuh dapat menjalankan fungsinya dengan baik.

Malnutrisi tidak terjadi dalam satu atau dua hari, tapi terakumulasi dalam periode yang lama. Tanda tubuh mengalami kekurangan gizi pun mungkin tidak begitu disadari. Berikut tanda-tanda tubuh kekurangan gizi.

1. Penurunan Berat Badan
Tanda paling umum yaitu penurunan berat badan yang tidak direncanakan. Meski begitu, ada pula orang bertubuh gemuk yang kekurangan gizi karena asupan yang dia konsumsi bukanlah makanan yang sehat.

2. Gampang Lelah
Kekurangan gizi membuat Anda merasa mudah lelah. Hal ini bisa menyebabkan Anda mudah jatuh, bahkan mengganggu kinerja Anda.

3. Konsentrasi Menurun
Nutrisi sangat penting untuk perkembangan otak. Jika asupan nutrisi kurang, bisa jadi Anda akan mengalami kesulitan untuk berkonsentrasi.

4. Penurunan Sistem Kekebalan Tubuh
Tidak dipungkiri jika nutrisi merupakan hal penting dalam membentuk kekebalan tubuu. Nutrisi yang kurang bisa membuat kekebalan tubuh seseorang menjadi buruk.

Kekurangan gizi terjadi ketika tidak menjalani pola makan sehat. Atau bisa juga karena kondisi kesehatan yang membuat tubuh tidak bisa menyerap nutrisi dari makanan, atau membuat kamu kehilangan nafsu atau sulit untuk makan. 

Selain itu, kurang pengetahuan mengenai nutrisi, kondisi gigi yang buruk sehingga kesulitan atau kesakitan untuk mengunyah makanan, atau selera makan berkurang akibat adanya gangguan pada indera perasa dan penciuman. Gangguan ingatan demensia dan gangguan jiwa skizofrenia juga bisa membuat penderitanya mengidap malnutrisi karena makan tidak teratur atau lupa makan sama sekali.

Untuk mengecek apakah tubuh mengalami kekurangan gizi atau tidak, kamu bisa mengonsultasikannya ke dokter. Dokter akan menghitung indeks massa tubuh untuk mengetahui apakah berat badan dan tinggi badan kamu sudah seimbang atau tidak.

Mengatasi kekurangan gizi harus disesuaikan dengan penyebabnya. Jika penyebabnya karena kondisi tertentu, maka dokter akan menangani kondisi tersebut sekaligus memperbaiki gizi tubuh kamu.

Perbaikan gizi dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan dengan nutrisi seimbang yang sudah ditentukan oleh dokter. Suplemen mungkin diberikan untuk memberikan asupan nutrisi tambahan untuk mengatasi gangguan kesehatan yang disebabkan kurang gizi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES