Peristiwa Daerah

Menuju Jalan Mantap Probolinggo, Penghubung Bromo dan B-30 Butuh Rp 15 M

Jumat, 20 Juli 2018 - 15:13 | 314.69k
Jalan penghubung wisata Gunung Bromo dan B-30 yang dibangun Pemkab Probolinggo pada 2017 (FOTO: Iqbal/TIMES Indonesia)
Jalan penghubung wisata Gunung Bromo dan B-30 yang dibangun Pemkab Probolinggo pada 2017 (FOTO: Iqbal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PROBOLINGGO – Akses jalan Sukapura-Sumber, Kabupaten Probolinggo, yang jadi jalur penghubung wisata Gunung Bromo dan Puncak B-30, perlu anggaran Rp 15 miliar untuk menuju jalan mantap Probolinggo.

Tahun lalu, jalur ini telah dibenahi oleh pemkab, baik dari arah Sukapura atau Sumber. Tapi, masih menyisakan 10 kilometer jalan rusak yang belum tersentuh.

"Masih tersisa sekitar 10 kilometer. Itu perlu biaya besar, sekitar Rp 15 miliar," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Pemkab Probolinggo, Prijono.

Dinas PU berencana, ruas jalan tersebut sudah dalam kondisi mantap pada 2019. Sebab, jalur Sukapura-Sumber merupakan pendukung wisata Gunung Bromo dan Puncak B-30.

Tapi, kepastiannya tergantung pada pembahasan di tim anggaran pemkab, dan badan anggaran (Banggar) di DPRD setempat. "Kita (Dinas PU, Red) tetap mengajukan," katanya. 

TIMES Indonesia pernah menjajal jalur penghubung ini, Ramadhan lalu dari Desa Wonokerso, Kecamatan Sumber melewati Desa Sariwani, hingga tembus Desa/Kecamatan Sukapura.

Rasa lelah melewati jalan rusak sejauh 10 kilometer dari Wonokerso, terbayar saat sampai di Sariwani. Desa dengan predikat seribu selfie ini, memiliki pemandangan aduhai.

"Fokus pembangunan di 2019 sudah ke pariwisata. Semoga jalur penghubung wisata Bromo dan B-30 ini bisa rampung dan menjadi jalan mantap Probolinggo," kata Prijono. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Probolinggo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES