Peristiwa Daerah

PMI Semarang Ngangsu Kaweruh ke PMI Kabupaten Malang

Jumat, 20 Juli 2018 - 15:05 | 38.58k
PMI Kota Semarang ketika melakukan kaji banding ke PMI Kabupaten Malang, Jumat (20/7/2018) pagi. (FOTO: Istimewa)
PMI Kota Semarang ketika melakukan kaji banding ke PMI Kabupaten Malang, Jumat (20/7/2018) pagi. (FOTO: Istimewa)

TIMESINDONESIA, MALANGPMI Semarang, Jumat (20/7/2018) pagi melakukan kaji banding dan ngangsu kaweruh tentang penanggulangan bencana di PMI Kabupaten Malang.

Sebanyak 40 orang anggota PMI asal kota lumpia itu langsung menerima penjelasan tentang sepak terjang PMI Kabupaten Malang dari Sekretaris PMI Kab Malang, Aprilijanto.

Sekretaris PMI Kota Semarang, Surachman mengakui bahwa PMI Kab Malang sudah menjadi rujukan nasional. Karena itu pihaknya melakukan kaji banding, ngangsu kaweruh cara penanganan penanggulangan bencana pada PMI Kab Malang yang sudah menjadi rujukan nasional ini.

"Banyak hal yang ingin kami gali dslam studi banding ke PMI Kab Malang ini, karena karakteristik Semarang hampir sama dengan Malang. Dalam penangganan bencana, PMI Kab Malang salah satu yang terbaik di Indonesia," tegas Surachman.

Namun ada satu hal yang menjadi perhatian dan ingin diterapkan oleh PMI Kota Semarang ialah  kemampuan PMI Ranting Kecamatan dalam memaksimalkan pemberdayaan relawan.

"Sebenarnya di Semarang kita juga mempunyai relawan yang banyak, namun berasal dari KSR (Korps Sukarela Remaja-red) yang ada di kampus-kampus itu. Kami melihat di Kabupaten Malang ini sukarelawan justru lebih banyak berasal dari tingkat kecamatan yang berbasis masyarakat, kami ingin hal itu bisa juga diterapkan di Semarang," katanya.

Selain itu, optimalisasi Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat) yang ada di desa-desa, yang selama ini merupakan kader dan dibina langsung PMI Kabupaten Malang, menjadi daya tarik tersendiri bagi PMI Kota Semarang. "Kami ini kan relawan kemanusiaan, jadi apa yang baik akan kani tiru," tanbahnya.

Sekretaris PMI Kab Malang, Aprilijanto mengatakan bahwa selama ini PMI Kab Malang memang sudah sering mendapat kunjungan studi banding dari PMI daerah lain. "Sudah sering kegiatan seperti ini kami lakukan, kami senang dan menyambut baik setiap saudara PMI dari daerah lain yang berkunjung ke sini untuk saling berbagi ilmu dan bertukar wawasan," jelas Aprilijanto.

Setelah menerima penjelasan dan saling bertukar pengalaman, PMI Kota Semarang berkeliling ke markas PMI Kabupaten Malang, sambil melihat-lihat peralatan dan perlengkapan yang biasa digunakan PMI Malang dalam penangulanggan bencana. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Malang

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES