Peristiwa Nasional Jemaah Haji Indonesia 2018

Hindari Mimisan, Jemaah Calon Haji Indonesia Diimbau Menggunakan Masker

Jumat, 20 Juli 2018 - 13:51 | 46.66k
Jemaah Calon Haji Indonesia. (FOTO: Nuansa Jambi)
Jemaah Calon Haji Indonesia. (FOTO: Nuansa Jambi)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kepala Pusat Kesehatan Haji Dr Eka Jusuf Singka mengimbau Jemaah Calon Haji Indonesia (JCH Indonesia) agar menggunakan masker untuk mengantisipasi sakit mimisan di Tanah Suci.

Menurut dia, beberapa kasus mimisan yang terjadi pada JCH Indonesia dipicu oleh perbedaan cuaca antara Indonesia dan Arab Saudi yang berudara kering.

Suhu di Saudi bisa mencapai 50 derajat Celcius. Sementara di Indonesia rata-rata sekitar 30 derajat Celcius.

"Kami menganjurkan jamaah untuk sering minum dan memakai masker untuk menghindari mimisan, itu penting sekali," kata Eka di Madinah, Jumat (20/7/2018) waktu setempat.

Menurut Eka Jusuf, banyak minum dan menggunakan masker dapat menjaga kelembaban hidung. Masker juga dapat menghindari JCH Indonesia dari paparan debu dan penyakit menular melalui udara. Dengan begitu, risiko terjadinya mimisan dapat dihindari.

Bagi JCH Indonesia yang terkena mimisan, ujarnya, tindakan penanganannya bisa dengan menekan pangkal hidung untuk menghindari keluarnya darah dari hidung yang lebih banyak.

Selain sakit mimisan, Tim Kesehatan JCH Indonesia juga mulai menangani berbagai keluhan kesehatan Jemaah Calon Haji Indonesia di Tanah Suci seperti heatstroke, gangguan pernapasan, dehidrasi dan lainnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Faizal R Arief
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES