Pendidikan

KKN 124 UMM, Mahasiswa Ajarkan PHBS kepada Pelajar

Kamis, 19 Juli 2018 - 21:01 | 103.43k
Mahasiswa KKN 124 UMM saat penyuluhan cuci tangan di TK Muslimaat 27 NU, di Dusun Kreweh, Desa Gunungrejo, Singosari, Kabupaten Malang. (FOTO: Istimewa/TIMES Indonesia)
Mahasiswa KKN 124 UMM saat penyuluhan cuci tangan di TK Muslimaat 27 NU, di Dusun Kreweh, Desa Gunungrejo, Singosari, Kabupaten Malang. (FOTO: Istimewa/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, MALANG – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata kelompok 124 Universitas Muhammadiyah Malang atau KKN 124 UMM mengadakan penyuluhan cuci tangan di TK Muslimaat 27 NU, di Dusun Kreweh, Desa Gunungrejo, Singosari, Kabupaten Malang.

Acara pada Kamis (19/7/2018) tersebut disambut hangat oleh TK Muslimaat NU 27.

“Ya senang sekali, ya bisa membantu Ibu Gurunya juga. Kami bisa menambah ilmu dari mahasiswa KKN," ucap Anis Kurniawati, S.Pd, Kepala Sekolah TK Muslimaat NU 27, Gunungrejo.

KKN-124-UMM-A.jpg

Sejumlah 62 siswa TK ini mendapatkan penyuluhan menggunakan metode bernyanyi sehingga mudah diingat oleh anak-anak.

Anggita Novanda, Koordinator kelompok KKN 124 UMM mengatakan, acara ini merupakan bentuk nyata perhatian mahasiswa kepada masyarakat terkait perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

“Pertama, kita pengennya PHBS ini dari usia dini harus diterapkan. Dan kebetulan TK di Gunungrejo ini memang memiliki siswa terbanyak dari TK yang ada di desa ini,” ucap Anggita.

Kegiatan penyuluhan cuci tangan ini diadakan di 3 TK setempat, yaitu TK 26 di daerah Biru, TK 27 di daerah Kreweh dan TK 30 di daerah Bluwuh yang seluruhnya bertempatan di Desa Gunungrejo, Kecamatan Singosari, Kabupaten Malang.

Tidak hanya berhenti di penyuluhan cuci tangan, Kelompok yang dibimbing oleh Hudaniah S.Psi, M.Psi ini juga mengadakan 2 rangkaian lainnya terkait perilaku hidup sehat.

“Kegiatan PHBS ini memiliki rangkaian untuk setara TK penyuluhan cuci tangan, untuk setara SD penyuluhan sikat gigi dan untuk setara SMP itu 3S (Satu hari, Satu tangan, Satu sampah),” sambung Anggita.

Berikut cara mencuci tangan yang sesuai dengan PHBS:

1. Mencuci tangan di air yang mengalir
2. Basahi dengan air, lalu beri sabun
3. Gosok 2 telapak tangan
4. Gosok punggung tangan
5. Gosok telapak dan sela jari
6. Kunci kedua tangan
7. Gosok Ibu jari kanan dan kiri memutar secara bergantian
8. Putarkan ujung jari ditengah telapak tangan
9. Bilas dengan air mengalir lalu keringkan dengan sempurna.

"Setelah penyuluhan cuci tangan yang diadakan, diharapkan anak-anak dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-harinya," kata Anggita, Koordinator kelompok KKN 124 UMM (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES