Peristiwa Daerah

Wali Kota Batu dan Ketua DPRD Tanda Tangan Komitmen Dukung Germas

Kamis, 19 Juli 2018 - 20:44 | 53.67k
Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko beserta Ketua DPRD Kota Batu, Cahyo Edi Purnomo menandatangani komitmen mendukung Germas. (FOTO: M. Dhani Rahman/TIMES Indonesia)
Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko beserta Ketua DPRD Kota Batu, Cahyo Edi Purnomo menandatangani komitmen mendukung Germas. (FOTO: M. Dhani Rahman/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, BATU – Anggota DPR RI, Komisi IX, H.Ahmad Zainuddin,Lc.,ME melihat Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dibeberapa daerah masih sangat kurang. Hingga masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui program Germas yang digagas Presiden Joko Widodo ini.

Karena itu Zainnudin berharap program ini harus digelorakan sebagai upaya pencegahan untuk mengurangi anggaran untuk pengobatan.

Hal tersebut dikemukan Zainnudin saat sosialisasi Germas di Gedung Pancasila, Balai Kota Among Tani, Kamis (19/7/2018).

“Saya berharap pemerintah daerah mendukung dengan membuat program implementatif, contoh ada program olahraga, program makan buah bersama, jangan hanya instansi pemerintahan, sekolah dan ormas juga harus dilibatkan,“ ujar Zainnudin.

Ia memuji program yang sudah dilaksanakan oleh Pemkot Batu yang telah bertahun-tahun memberikan minuman susu dan makanan tambahan kepada seluruh siswa PAUD hingga SMA di Kota Batu

Jika semua pemda memiliki program seperti Pemkot Batu, Zainnudin optimis tingkat kesehatan masyarakat semakin meningkat.

Ditempat terpisah Kepala Sub Program, Sekretariat Dirjen Kesehatan Masyarakat, Doktor Aryo Baskoro mengatakan hal senada. Menurutnya saat ini perlu ada gerakan bersama hingga menghasilkan dampak positif yang cukup besar pula.

“Harus komitmen dulu, tidak hanya pemerintah tapi seluruh komponen masyarakat, “ ujar Aryo.Menurutnya, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan setiap hari, mulai perlu ada aktivitas fisik selama 30 menit, pola makan sehat, serta makanan yang dipilih memiliki kandungan gizi yang bagus  dan melakukan deteksi dini terhadap ancaman kesehatan.

Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko mengatakan bahwa di Kota Batu tidak hanya eksekutif yang peduli kesehatan masyarakatnya, namun juga legislatif mendukung penuh.

Salah satunya dengan memberikan bantuan susu dan makanan bergizi kepada seluruh siswa. Dewanti mengatakan hal tersebut bisa terwujud berkat dukungan penuh Ketua DPRD Kota Batu, Cahyo Edi Purnomo.

“Bu Kartika (Kepala Dinas Kesehatan) viralkan program ini, “ ujar wali kota.

Kepala Dinas Kesehatan, drg Kartika K menjelaskan berbagai langkah akan dilakukan oleh Dinas Kesehatan, seperti mensosialisasikan kegiatan ini kepada masyarakat.

Termasuk membuat pernyataan komitmen untuk mendukung Germas di Kota Batu. “Kita juga akan mengkampanyekan makan buah sayur, menggelar cek kesehatan bersama, termasuk nanti ketika ada acara resmi, pasti ada suguhan buahnya,“ ujar Kartika.

Upaya lain yang dilakukan adalah membudayakan hidup sehat kepada masyarakat. Salah satu upaya yang dilakukan adalah menambah pengetahuan calon ibu bekerjasama dengan Kemenag.

“Kita tidak lagi bicara pengetahuan gizi anak kepada ibu, tapi kita melakukan intervensi kepada calon ibu yang akan menikah, kita bekerjasama dengan kemenag, “katanya.

Diakui oleh Kartika, kampanye Germas di Kota Batu ini masih ada beberapa hambatan budaya. Contohnya ketika ada ibu hamil, masih ada beberapa makanan yang dilarang “Si Mbah,".

“Peran kita dibutuhkan disini, orang hamil ya harus makan makanan yang sehat,” ujar Kartika.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Batu

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES