Peristiwa Daerah

Bule Kroasia Ikut Donor Darah HUT Adhyaksa di Magetan

Kamis, 19 Juli 2018 - 20:35 | 44.61k
Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) dan Ketua PN ( Pengadilan Negeri) Magetan sedang mengikuti donor darah. (FOTO: MK Adinugroho S/TIMES Magetan)
Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) dan Ketua PN ( Pengadilan Negeri) Magetan sedang mengikuti donor darah. (FOTO: MK Adinugroho S/TIMES Magetan)

TIMESINDONESIA, MAGETAN – Warga Negara Asing (WNA) asal Kroasia, menghadiri bhakti sosial donor darah. Acara tersebut terselenggara dalam rangka memperingati hari Bhakti Adhyaksa ke-58 dan hari ulang tahun (HUT) Ikatan Adhyaksa Dharmakarini ke-18

"Donor darah merupakan rangkaian kegiatan lanjutan, yang sebelumnya diadakan adalah khitanan, semoga dapat memberi manfaat untuk semua," ujar Kasi Intel (Kasintel) Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Magetan, Sudi Haryansah.

Ia mengatakan, bahwa warga negara asing (WNA) yang ikut hadir dalam giat bhakti sosial berasal dari negara Kroasia yang bernama Jan Frank.

Tak hanya itu, peserta juga datang dari pegawai Kejaksaan, Kemenag (Kementerian Agama), Disdikpora (Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga), TNI, Dinas Pekerjaan Umum (PU), Inspektorat Magetan, Pengadilan Negeri dan masyarakat sekitar. 

Acara diadakan itu. digelar Kamis (19/7/2018), sejak pukul 08.00 WIB hingga 13.45 WIB, di aula Kejaksaan Negeri (Kejari) di Jl Karya Dharma Nomor 177, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.  "Jan Frank tadi dibawa oleh keluarganya yang bekerja di Kemenag," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Unit Donor Darah (UDD) PMI (Palang Merah Indonesia) Magetan, dr Sudewo Pangestu menyambut gembira bhakti sosial donor darah yang diadakan di Kejaksaan Negeri (Kejari). Pasalnya, PMI Cabang Magetan sering kekurangan stok darah. "Kami senang jumlah pendonornya banyak," terangnya.

Namun, dari keseluruhan peserta hanya sekitar 60 orang yang berhasil diambil darahnya. Beragam faktor bagi yang tidak dapat diambil darahnya, salah satu pemicunya adalah tubuh sedang kurang sehat. "Antusiasnya sangat tinggi tapi ya gimana lagi kalo tubuh tidak fit," tegasnya.

dr Sudewo, menambahkan, bahwa jumlah stok darah tersebut, dengan rincian, golongan darah A ada 14 kantong, golongan darah B ada 19 kantong, golongan darah O ada 24 kantong, dan golongan darah AB ada 3 kantong.

Hal tersebut, tentunya membuat jumlah persediaan stok darah bertambah. "Sekarang sudah mulai meningkat, kalau bulan sebelumnya memang setok hampir kosong apalagi yang golongan A," ungkapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : TIMES Magetan

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES