Peristiwa Daerah

Petrokimia Gresik Komitmen Cetak Petani Muda

Kamis, 19 Juli 2018 - 12:48 | 47.06k
Jambore Petani Muda ll yang digelar oleh PT Petrokimia Gresik di Wisma Kebomas, Kabupaten Gresik. (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia)
Jambore Petani Muda ll yang digelar oleh PT Petrokimia Gresik di Wisma Kebomas, Kabupaten Gresik. (FOTO: Akmal/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, GRESIKPT Petrokimia Gresik (PG) berkomitmen mencetak petani muda. Perusahaan pupuk terlengkap di Indonesia itu kembali menggelar Jambore Petani Muda II. Acara dipusatkan di Kota Pudak Gresik.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini peserta jambore pada tahun ini tendiri dari 42 pelajar dan 21 guru pendamping dari 21 SMK Pertanian dari berbagai daerah. 

Program Jambore Petani Muda ll diawali dengan menyelenggarakan Kelas lnspirasi Petani Muda di 69 SMK Pertanian dari berbagai daerah pada bulan Mei hingga Juni 2018.

Dalam program ini, PG mendatangkan alumni Jambore Petani Muda I 2017 setempat yang telah sukses di bidang pertanian. Tujuannya adalah untuk menceritakan kisah sukses, bertukar pengalaman, serta berbagi inspirasi.

Direktur Utama (Dirut) PT Petrokimia Gresik, Nugroho Christianto mengungkapkan jika perseroan memiliki komitmen dan arah kebijakan yang berorientasi pada agroindustri dan pertanian masa depan.

Keberhasilan sektor agroindustri dan pertanian Indonesia pada umumnya sangat bergantung pada peran generasi muda Indonesia. 

“lsu ini kami pandang sangat relevan dengan kondisi saat ini dan perlu menjadi perhatian serius oleh seluruh pihak terkait," ujar Nugroho saat Konfrensi pers terkait pembukaan Jambore Petani Muda ll di Wisama Kebomas, Kabupaten Gresik, Kamis (19/7/2018) siang.

Dengan mengusung tema “Memotivasi dan Berinovasi”, Jambore Petani Muda II mencoba untuk menyampaikan pesan kepada seluruh generasi muda di Indonesia untuk terus belajar dan berinovasi agar mereka dapat memajukan sektor pertanian dan agroindustri.

Untuk membakar semangat peserta, PG menghadirkan narasumber sukses dan inspiratif sekaligus menjadi dewan juri pada tahap presentasi makalah inovasi.

Narasumber merupakan akademisi dan praktisi di bidang pertanian yang memiliki jam terbang cukup tinggi di level nasional dan intemasional.

Mereka adalah Prof. Umar Santoso, MS (Guru Besar Departemen Teknologi Pangan & Hasil Pertanian. Fakultas Teknologi Pertanian UGM), Dr. Ir. Sugiyanta, M. Si (Ketua Departemen Agronomi dan Hortikultura, Fakultas Pertanian IPB).

Kemudian, lrsan Rajamin (CEO Habibie Garden), dan Shofyan Adi Cahyono (owner Sayuran Organik Merbabu).

Nugroho berharap melalui kegiatan di Kota Pudak Gresik ini, PG dapat melahirkan sosok petani muda tangguh dan sukses yang mampu meningkatkan produktivitas pertanian dan menginspirasi generasi muda lainnya untuk mau menekuni sektor pertanian. 

“Kegiatan ini merupakan bentuk nyata bahwa Petrokimia Gresik. sebagai produsen pupuk terlengkap di Indonesia, tidak sekedar memproduksi pupuk saja melainkan dapat memberi solusi terhadap sektor pertanian dengan mencetak petani muda dan agroindustri pada umumnya,” tutup Nugroho, Dirut PT Petrokimia Gresik saat memberikan keterangan usai pembukaan Jambore Petani Muda II. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Gresik

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES