Peristiwa Daerah

Polres Jember: Harga Telur Ayam Mulai Normal

Kamis, 19 Juli 2018 - 10:52 | 89.39k
Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo saat melakukan pemantauan harga telur ayam di Pasar Tanjung, Jember. (FOTO: Sofy/TIMES Indonesia)
Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo saat melakukan pemantauan harga telur ayam di Pasar Tanjung, Jember. (FOTO: Sofy/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JEMBERPolres Jember menegaskan kenaikan harga telur ayam di pasaran tidak disebabkan oleh aksi penimbunan. Saat ini, harga telur di Jember berada di kisaran Rp23.000. Sebelumnya, harga telur ayam sempat tembus Rp26.000 per kilogram. 

"Kami pastikan tidak ada (aksi penimbunan, Red) karena sebelum ke pasar, kami sudah melakukan checking ke sejumlah peternak," kata Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo saat memimpin Tim Satgas Pangan Kabupaten Jember melakukan inspeksi mendadak (sidak) harga telur ayam di Pasar Tanjung, Jember, Jawa Timur, Kamis (19/7/2018). 

Ia mengatakan ada beberapa hal yang menjadi penyebab harga telur di pasaran terus mengalami kenaikan. Pertama, produktifitas ayam terganggu pasca pemerintah melarang penggunaan imbuhan pakan ternak: Antibiotic Growth Promoters (AGP). 

"Produktifitas ternak menjadi terganggu sehingga tidak bisa mencukupi permintaan yang cukup tinggi," ujar Kusworo. 

Kedua, faktor cuaca ekstrem yang saat ini terjadi juga dinilai mengganggu produktivitas ayam. 

"Siang sangat panas kemudian malam hari bisa sampai 15-20 derajat celsius suhunya, itu juga mengganggu produkvitas ayam," katanya.

Dari hasil pantauan yang dilakukan Polres Jember, harga telur ayam di sejumlah pasar di Jember mulai berangsur normal. "Ini karena peternak sudah mulai menyiasati apa pakan yang harus diberikan menggantikan AGP itu tadi. Sudah mulai efektif sehingga bisa mencukupi permintaan," imbuhnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dody Bayu Prasetyo
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Jember

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES