Peristiwa Daerah Bondowoso Republik Kopi

Festival Desa Nusantara Ditutup, Bupati Amin Ajak Desa Kreatif

Kamis, 19 Juli 2018 - 07:43 | 51.43k
Bupati Bondowoso Drs H Amin Said Husni saat menyampaikan sambutan dalam acara penutupan Festival Desa Nusantara (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
Bupati Bondowoso Drs H Amin Said Husni saat menyampaikan sambutan dalam acara penutupan Festival Desa Nusantara (FOTO: Moh Bahri/TIMES Indonesia)
FOKUS

Bondowoso Republik Kopi

TIMESINDONESIA, BONDOWOSOBupati Bondowoso Amin Said Husni menyampaikan, melalui rangkain kegiatan Festival Desa Nusantara (FDN 2018), ia mengajak praktisi desa di kabupaten berjuluk Bondowoso Republik Kopi ini untuk terus menumbuhkan kreativitas.

Hal itu dia sampaikan dalam penutupan Festival Desa Nusantara, di Alun-Alun RBA Ki Ronggo, Bondowoso, Jawa Timur, Rabu (18/7/2018) malam.

Bupati dua periode ini juga menginginkan agar kegiatan FDN, seperti aunting, Rembuk Desa, Expo dan beberapa kegiatan lain, bisa menjadi referensi bagi kepala desa dan seluruh perangkat desa, untuk mengeksplore potensi desa. Khususnya desa-desa di Kabupaten Bondowoso. 

“Mari gali potensi yang ada di desa masing-masing, serta mengembangkan kretivitas untuk menciptakan inovasi-inovasi. Sehingga desa kita semakin maju, masyarakat desa bisa sejahtera, dan Kabupaten Bondowoso bisa semakin bersaing dengan kabupaten yang lain,” katanya.

Konserr-2.jpg

Dengan support dari pemerintah, sambung Amin, melalui dana desa, yang dikucurkan sejak tiga tahun lalu, desa-desa di Bondowoso sudah berinovasi. Muncul banyak wisata desa, BUMDes (Badan Usaha Milik Desa) dengan beragam produk unggulan.

Pihaknya juga merasa bangga, karena bisa menjadi tuan rumah, dalam event yang diikuti oleh barbagai daerah lain. Seperti Pacitan, Ponorogo, Trenggalek, bahkan luar Jawa seperti Sulawesi. Bahkan, Festival Desa Nusantara ini merupakan even perdana dan bertaraf nasional. 

Perlu diketahui, Bondowoso yang terdiri dari 209 desa, mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Berdasarkan hasil pemutakhiran Indek Desa Membangun (IDM) tahun 2017, yang dirilis oleh Mendes PDTT, sebanyak 48 Desa di Bondowoso berhasil keluar dari status Desa tertinggal. Dari jumlah total awal 64 desa menjadi 16 desa.

Sementara untuk desa berkembang yang semula berjumlah 126 bertambah menjadi 155, sedangkan untuk desa maju yang semula hanya 17 desa, menjadi 38 Desa.

Sementara itu,  selama kepemimpinan Bupati Amin, kemiskinan di Bondowoso turun dari 22,23 pesen menjadi 14,54 persen. Hal itu, merupkan agka penurunan yang cukup baik, bahkan menurut ukuran dunia.

Selain dihadiri Bupati Bondowoso Amin Said Husni, penutupan Festival Desa Nusantara itu, dimeriahkan oleh artis Cita Citata. Hadir dalam acara tersebut, Ketua DPRD H Tohari, Dandim 0822 Letkol Inf Tarmuji, Wakapolres Kompol Kurniawan, Kajari Bondowoso, Pimpinan Bank Jatim, dan ribuan masyarakat kabupaten berjuluk Bondowoso Republik Kopi ini. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Bondowoso

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES