Gaya Hidup

Sering Mengantuk saat Menonton Televisi, Ternyata Ini Alasannya!

Kamis, 19 Juli 2018 - 06:17 | 785.78k
Ilustrasi - Menonton Televisi (FOTO: Shutterstock.com)
Ilustrasi - Menonton Televisi (FOTO: Shutterstock.com)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pernahkah Anda merasa mengantuk saat menonton televisi? Ternyata banyak orang yang mengalami hal ini. Bahkan, tak jarang baru beberapa menit di depan TV, kita sudah tertidur. Menonton televisi dengan volume tertentu memang bisa merangsang rasa kantuk, yang pada akhirnya membuat kita tertidur.

Dilansir dari Kompas, berdasarkan survei National Sleep Foundation, 60 persen orang Amerika menonton televisi sebelum tertidur.

Banyak orang berpikir tidur di depan televisi yang menyala justu membuat mereka merasa rileks dan tidur nyenyak. Padahal, kebiasaan ini sebenarnya tidak direkomendasikan.

Televisi memancarkan cahaya biru yang bisa mengganggu tubuh dan otak. Selain itu, sebenarnya media elektronik apa pun, termasuk internet, yang digunakan sebagai alat bantu tidur justru bisa mengurangi kualitas tidur.

Tidur di depan televisi memang menuai pro dan kontra. Menurut Jain, volume suara yang terlalu keras dari televisi dapat mencegah tubuh menuju mode tidur. Dengan kata lain, waktu yang dibutuhkan untuk terlelap jadi lebih lama.

Menonton film yang sudah pernah kita saksikan berkali-kali juga dapat menawarkan sensasi keakraban dan kenyamanan, yang mendatangkan kantuk.

Berbaring menunggu kantuk sambil menonton televisi pada akhirnya memang bisa membuat kita tertidur, namun seringkali hanya tidur dangkal, bukan tidur dalam yang bersifat restoratif.

Untuk mencegah efek negatif dari sinar biru yang dipancarkan televisi, para ahli merekomendasikan untuk memasang setelan otomatis mematikan tv.

Meski Anda bisa mengantuk saat menonton televisi, jangan bergantung dengan cara ini agar kita dapat tertidur. Pilih aktivitas lain yang tidak berkaitan dengan alat elektronik, misalnya membaca, meditasi atau menulis jurnal untuk merangsang rasa kantuk. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES