Ekonomi Ketahanan Informasi Desa

Pasar Berjalan Tambah Dagangan Berkat Jalan Baru TMMD Kodim Banjarnegara

Rabu, 18 Juli 2018 - 21:15 | 49.77k
Imun penjual sembako dengan Carry pick up yang dinantikan warga desa Pasegeran. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
Imun penjual sembako dengan Carry pick up yang dinantikan warga desa Pasegeran. (FOTO: AJP TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Desa

TIMESINDONESIA, BANJARNEGARA – Jalan tol ala pegunungan sepanjang 1,1 kilometer yang sedang dibangun melalui program TMMD Kodim Banjarnegara di Desa Pasegeran Kecamatan Pandanarum, mulai dirasakan oleh Podo Lasdian penjual keliling dari warga Desa Lawen Rt. 2 Rw. 3 Kecamatan Pandanarum.

Imun yang kesehariannya berjualan barang-barang kebutuhan sehari-hari termasuk sembako menggunakan carry pick up untuk kelilling antar desa.

Ia mulai meraup tambahan penghasilan di desa tetangganya tersebut. Apalagi jalan yang sedang dicor itu nanti akan mempermudah baginya dalam mencapi Desa Pasegeran. Walaupun belum selesai 100 persen, baru mencapai 70 persen, namun sebagian jalan sudah dapat dilalui untuk mengakses kesana.

Walaupun dirinya warga desa tetangga Pasegeran, namun kini dia juga mulai merasakan keuntungan dari pembangunan jalan selebar 3 meter tersebut. Podo Lasdian berencana menambah jumlah dagangan kelilingnya, karena Desa Pasegeran menambah jumlah desa tempat mata pencahariannya.

Inilah manfaat dari pembangunan melalui TMMD Reguler 102 Kodim 0704 Banjarnegara, bukan hanya warga Pasegeran saja yang akan menikmatinya langsung hasilnya, namun warga desa tetangga juga akan segera manuai berkah dari pembangunan tersebut. Sedang progres fisik pengecoran jalam, masih melanjutkan pekerjaan kemarin.

Sementara itu warga, Runtiyah Rt. 1 Rw. 3 Dusun Kroya Desa Pasegeran mengaku, pasar berjalan milik Podo Lasdian sangat dinantikan warga disana. Warga memilihnya karena lebih efisien dan efektif, serta tidak mengandung resiko perjalanan melewati jalan licin dan terjal sejauh 3 kilometer menuju Pasar Lawen yang terletak di Desa Lawen Kecamatan Pandanarum.

"Semua yang dibutuhkan ada di Pak Podo, apalagi jalan sudah bagus ya, makin cepet pak Podo sampai rumah saya. Terimakasih TMMD Kodin Banjarnegara," ucapnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES