Peristiwa Nasional

Dua Menteri Dijadwalkan Hadir di Konferwil PW IPNU ke XXI di Banyuwangi

Rabu, 18 Juli 2018 - 17:38 | 64.57k
Konferwil PW IPNU Jatim XXI Banyuwangi.
Konferwil PW IPNU Jatim XXI Banyuwangi.

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PW IPNU) Jawa Timur, tahun 2018, akan menggelar Konferensi Wilayah (Konferwil) XXI. Acara yang akan digelar di Kabupaten Banyuwangi, di Institut Agama Islam (IAI) Ibrahimy, pada 3-5 Agustus mendatang, akan dihadiri dua menteri.

"Dua Menteri yang dijadwalkan akan hadir, yaitu Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora RI), Imam Nahrawi dan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti RI), Mohammad Nasir," jelas Ketua PW IPNU Jatim, Haikal Atiq Zamzami, Rabu (17/7/2018). 

Haikal menyampaikan, dalam acara tersebut, Menpora Imam Nahrawi dijadwalkan datang terlebih dahulu dan akan membuka secara resmi acara Konferwil sekaligus memberikan penganugerahan IPNU Award.

KonferwilNU.jpg

Sedangkan Menristekdikti RI, Mohammad Nasir, menjadi Keynote Speaker pada Student Annual Meeting yang mengusung tema "Student Innovation Inventing The Future". 

“Konferwil IPNU ini akan menjadi ajang konsolidasi seluruh pelajar NU untuk bersinergi dalam merumuskan strategi merespon tantangan era disrupsi," katanya.

Sebagai organisasi pelajar terbesar yang memiliki kader di setiap desa katanya, maka diperlukan gerakan bersama untuk mengembangkan kreatifitas dan inovasi sesuai bakat potensi.

Haikal menambahkan, revolusi industri 4.0 yang juga menjadi tema besar Konferwil tidak hanya melahirkan daya saing. Namun, juga menuntut kalangan millennial untuk melakukan kolaborasi, sinergi, kerjasama dan saling memberikan keuntungan sebagai kunci untuk meciptakan perubahan dan menjadi pemenang.  

“Kesimpulanya adalah, revolusi industri 4.0 adalah prubahan besar hampir pada segala aspek. Untuk itu, menyiapkan pelajar menjadi motor dalam perubahan tersebut merupakan sebuah urgensi," bebernya.

Sedangkan Student Innovation Hub (SIH) katanya, adalah semacam wadah yang diinisiasi dalam gelaran ini. "Sehingga akan menjadi semacam Sillicon Valley untuk pelajar Jawa Timur ke depan,” terangnya.  

Menurut Haikal, bahwa semangat yang diusung dalam tema besar konferwil ini, juga selaras dengan perhatian Presiden Jokowi pada revolusi industri 4.0.

 “Presiden kita sering mengungkapkan bahwa anak muda (pelajar) harus siap dengan tantangan revolusi industri 4.0 dan hal ini menjadi salah satu acuan dan semangat kami dalam mengagas acara ini,” tuturnya. 

Informasi yang dihimpun TIMES Indonesia, selain Menpora RI dan Menristekdikti RI, pihak panitia juga mengundang, Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, Ketua PWNU Jatim, KH Mutawakkil Alallah, Ketua DPRD Jatim, Halim Iskandar, Bupati Banyuwangi Azwar Anas, Bupati Pasuruan, Irsyad Yusuf, dan sejumlah tokoh lainnya. 

Beberapa acara seperti seminar Jurnalistik “Literasi Digital Motor Revolusi Industri 4.0”, Apel Kebangsaan Pelajar-Santri dan Sarasehan Majelis Alumni IPNU Jawa Timur, juga telah terjadwal dalam Konferwil tersebut. 

“Hingga hari ini, beberapa tokoh telah mengonfirmasi kehadirannya. Beberpa pejabat dan tokoh NU dan dua Menteri itu, sengaja kami hadirkan agar bisa memberikan ide dan gagasan kepada generasi milenial agar benar- benar menjadi pemenang di masa mendatang,” pungkas Ketua Panitia Konferwil PW IPNU Jatim, Sutamaji. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Lucky Setyo Hendrawan
Sumber : TIMES Banyuwangi

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES