Peristiwa Daerah

Menuju Kota Layak Dikunjungi Wisatawan, Situbondo Gelar Bimtek Kota Bersih

Rabu, 18 Juli 2018 - 13:47 | 38.32k
Ketua FKS Situbondo Lutfil Amin dalan Acara BIMTEK di Desa Tlogosari Kecamatan Sumber Malang Kabupaten Situbondo (FOTO: Fawaid Aziz/TIMES Indonesia)
Ketua FKS Situbondo Lutfil Amin dalan Acara BIMTEK di Desa Tlogosari Kecamatan Sumber Malang Kabupaten Situbondo (FOTO: Fawaid Aziz/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, SITUBONDO – Menuju kota layak dikunjungi wisatawan lokal dan manca negara, Pemerintah Kabupaten Situbondo melalui Forum Kota Sehat (FKS), menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi desa-desa setempat.

Bimtek dimotori langsung oleh FKS Situbondo untuk mewujudkan lokasi wisata yang bersih dan sehat. terutama desa yang memiliki destinasi wisata yang ada di Kabupaten yang populer disebut Kota Bumi Shalawat Nariyah dan Kota Santri itu.

Menurut Ketua FKS Situbondo, Lutfil Amin, dalam Bimbtek yang digelar di kantor Desa Tlogosari, Kecamatan Sumber Malang itu, fokus untuk desa yang memiliki destinasi wisata.

Seperti di Desa Tlogosari, yang memiliki wisata Bukit Cikasur. Pihaknya harus memberikan bimbingan teknis kepada Pokja Desa Sehat yang ada di Kecamatan."Destinasi wisata Bukit Cikasur harus bersih dan sehat untuk dikunjungi oleh wisatawan," harapnya, Rabu (18/7/2019).

Diketahui, wisata Bukit Cikasur merupakan wisata yang sudah dikunjungi oleh wisatawan internasional maupun wisatawan lokal.

Kegiatan Bimbingan Teknis FKS itu, juga untuk memastikan Pokja Desa Sehat bisa fokus mewujudkan Kabupaten Situbondo yang bersih dan sehat, untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan individu, keluarga, masyarakat berserta lingkungannya.

Sementara itu, menurut Camat Sumber Malang, Sopan Efendi, pihaknya telah fokus mendampingi warga terutama menuju lokasi wisata Bukit Cikasur, yang harus bersih. "Harus membuat wisatawan merasa senang dan berlama-lama dilokasi wisata," katanya.

Pihaknya juga telah melakukan sosialisasi dan memberikan pemahaman terhadap masyarakat sekitar wisata bahwa lokasi wisata Bukit Cikasur akan menjadi sumber pendapatan ekonomi baru bagi  masyarakat, terutama bagi warga sekitar wisata.

"Jika masyarakat ikut serta dalam menjaga kebersihan dan ramah terhadap wisatawan yang berkunjung, manfaatnya akan kembali kepada warga sekitar," jelasnya.

Jelang Kunjungan Wisata 2019, Sopan Efendi melalui Forum Komunikasi Kecamatan Sehat (FKKS) akan terus mendorong bagaimana FKS Situbondo secara inten melakukan Bimtek Wisata Bersih dan Sehat untuk melayani wisatawan lebih baik. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rizal Dani
Sumber : TIMES Situbondo

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES